Breaking News:

Tiga Warga Myanmar Diamankan di Bandara Polonia

Petugas keamanan Bandara Polonia, Medan mengamankan tiga warga Myanmar di terminal keberangkatan dalam negeri, Sabtu (19/1)

Editor: bakri
MEDAN - Petugas keamanan Bandara Polonia, Medan mengamankan tiga warga Myanmar di terminal keberangkatan dalam negeri, Sabtu (19/1) sekira pukul 06.30 WIB. Ketiganya masuk ke Indonesia melalui perairan Malaysia tanpa dibekali dokumen resmi.

Penangkapan ketiga warga negara asing itu, Anamul bin Hamid (25), Muh B Husain (31) dan Mahmud Trasid (24) diawali kecurigaaan sekuriti atas prilaku yang sangat mencurigakan. Sebagai antisipasi terjadinya hal buruk, petugas langsung memeriksa, dan menggeledah tas bawaan ketiganya. “Dari situ diketahui mereka itu warga Myanmar. Dan masuk ke Indonesia secara ilegal,” kata Kasubsi Penindakan Imigrasi Polonia, Agus Makabori.

Agus mengatakan pihaknya kesulitan memperoleh keterangan lebih mendalam, karena ketiga pelaku tidak fasih bahasa Inggris, apalagi berbahasa Indonesia. Tapi dari interogasi awal, diketahui kalau mereka masuk ke Sumut melalui jasa nelayan Malaysia. “Mereka dari Malaysia, dibantu nelayan sana. Tapi belum tahu masuk Sumut dari jalur mana,” lanjut Agus.

Dalam pemeriksaan itu kata Agus ketiganya kerap mengucapkan Jakarta. Hal itu disimpulkan petugas kalau pendatang ilegal itu hendak menuju Jakarta. Tapi berdasarkan kasus terdahulu, biasanya warga Myanmar hanya transit di Jakarta untuk selanjutnya menuju Australia. “Permasalahan yang harus diusut, siapa pihak yang membantu proses keberangkatan mereka di Medan. Karena ini bukan kasus yang pertama,” tandasnya.

Sembari menunggu proses pengusutan itu, ketiga pelaku rencananya akan dikirim ke Rudenim Belawan. Dalam kesempatan itu, Agus mengapresiasi kinerja pihak keamanan bandara yang dinilai sigap mengungkap praktik ilegal.(mad)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved