Breaking News:

Pasar Tradisional di Medan Kembali Terbakar

Pasar Petisah, salah satu pasar tradisional tua di Medan terbakar, Senin (1/8) pagi

Editor: bakri
MEDAN – Pasar Petisah, salah satu pasar tradisional tua di Medan terbakar, Senin (1/8) pagi. Dalam kurun waktu tiga tahun, amukan si jago merah sudah meratakan Pasar Aksara dan Aksara Plaza serta Medan Plaza.

Kobaran api yang terlihat sekira pukul 07.30 WIB langsung menghanguskan barisan toko yang menghadap ke Jalan Rotan, Medan Petisah. Informasinya sumber api berasal dari salah satu kos pakaian yang kemudian merembet ke toko pakaian dan makanan.

Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus mengatakan proses pemadaman sedikit terkandala karena insiden terjadi di jam sibuk. Armada pemadam kebaran yang meluncur ke lokasi terhambat arus lalu lintas yang sudah dipenuhi kendaraan.

“Kendala yang dihadapi, kita sulit menjangkau lokasi karena titik kejadian merupakan pusat keramaian. Jalur lalu lintas cukup padat,” kata dia.

Pihaknya masih melakukan pendataan jumlah kios yang terbakar. Namun bila merujuk area, dia memastikan lapak yang terbakar seluas 23x30 meter per segi. “Asal api juga belum bisa dipastikan, kam masih menunggu laporan polisi. Untuk korban jiwa nihil,” tukasnya.

Pasar Petisah merupakan salah satu pasar tradisional legendaris. Pasar yang terletak di Kecamatan Medan Petisah ini sudah ada sejak 1950-an. Merujuk eksistensinya yang panjang, wajar bila banyak masyarakat yang cemas kebakaran yang terjadi pagi tadi mematikan aktivitas pedagangan di lokasi ini.

Ketakutan ini pun tidak berlebihan, karena sebelumnya Pasar Aksara, pasar tradisional lainnya di Medan sudah musnah menyusul kebakaran pada 2016. Insiden ini turut menghanguskan gedung Aksara Plaza yang berbagi area dengan Pasar Aksara. Hingga sekarang tidak ada tanda-tanda revitalisasi maupun relokasi bagi para pedagang. Hal serupa juga dialami pedagang di Medan Plaza. Pasca-hangusnya gedung ini dilalap api pada 2015, nasib para pedagang hingga kini tak jelas.(mad)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved