Breaking News:

Heboh Varian Baru Virus Corona, Bagaimana agar Tak Tertular?

Setidaknya delapan negara telah melaporkan adanya temuan varian baru virus corona yang muncul di negaranya..

Editor: Muliadi Gani
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT/AWW.(ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
SEORANG pedagang yang mengenakan masker melintas di depan mural imbauan untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Minggu (29/11/2020). 

Setidaknya delapan negara telah melaporkan adanya temuan varian baru virus corona yang muncul di negaranya.

Negara-negara tersebut adalah Irlandia Utara, Isreal, Singapura, Denmark, Belanda, Australia, Italia, Gibraltar, juga muncul di Prancis dan Afrika Selatan.

Singapura, negara yang paling dekat dengan kita mengonfi rmasi bahwa mutasi virus corona seperti virus dengan jenis yang sama yang menyebar di virus corona tersebut, apa yang harus dilakukan? Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, dr Alexander K Ginting mengatakan, semua orang berpotensi terinfeksi virus corona jenis baru yang telah bermutasi.

Ia menegaskan, infeksi tersebut banyak tercatat pada orang usia dewasa muda.

“Semua orang berpotensi, bahkan laporannya banyak ditemukan pada usia dewasa muda, lebih virulen,” ujar Alexander saat dihubungi Kompas. com, Kamis (24/12/2020).

Alexander menambahkan, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan oleh pemerintah maupun warga agar kita terhindar dari penularan virus.

Baca juga: Matahari Buatan Cina Menyala, Apa Fungsinya?

“Pencegahannya bisa dengan contact tracing, karantina, isolasi, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta dengan iman, aman, dan imun,” lanjut dia.

Melansir Kompas.com (28/9/2020), pelacakan kontak atau contact tracing merupakan proses mengidentifi kasi, menilai, dan mengelola orang-orang yang telah terpapar suatu penyakit untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Adapun orangorang ini adalah mereka yang termasuk kontak erat.

WHO mendefi nisikan “kontak” sebagai setiap orang yang berkontak langsung atau berada dalam jarak 1 meter selama setidaknya 15 menit dengan seseorang yang terinfeksi virus Covid-19, meski tidak bergejala.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved