Breaking News:

Tangisan Bayi 40 Hari Pecahkan Keheningan Malam, Ditemukan dalam Kardus di Meja Kios Saat Subuh

Warga yang sedang pulang usai Shalat Subuh, Selasa (12/1/2021), kaget mendengar suara tangisan bayi dari dalam sebuah kotak kardus yang diletakkan

IST
Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, didampingi Kabag Ops, AKP Dheny Firmandika, SAb, SIK, dan Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mukyadi, SE, saat melihat kondisi bayi yang ditemukan warga di meja kios sekitar Masjid Nur Hidayah, Gampong Alue Dua Bakaran Bate di RSUD Langsa, Selasa (12/1/2021). 

LANGSA - Warga yang sedang pulang usai Shalat Subuh, Selasa (12/1/2021), kaget mendengar suara tangisan bayi dari dalam sebuah kotak kardus yang diletakkan di meja kios, sekitar Masjid Gampong Alue Dua Bakaran Batee, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.  Bayi yang diperkirakan baru berumur 40 hari itutampak dibalut kain warna oranye motif bunga.

Informasi yang didapat Prohaba, Selasa (12/1/2021), menyebutkan, bayi perempuan ini pertama kali diketahui warga setempat, Ismail (64), saat ia pulang setelah melaksanakan Shalat Subuh di Masjid Gampong Alue Dua Bakaran Batee. Waktu itu, Ismail kaget mendengar suara tangisan bayi di sekitar masjid dan kios di depan Gang Sejahtera. Karena merasa aneh ada suara bayi di luar rumah pada pagi subuh itu, ia pun coba mencari sumber suara tangisan bayi tersebut.

Tak lama kemudian, ia menuju ke kios itu karena suara tangis bayi semakin jelas, dan melihat ada 1 kotak kardus terletak di meja kios tersebut. Ketika Ismail mendekat, ternyata benar dalam kardus itu ada seorang bayi yang terbalut kain warna oranye bermotif bunga. Lantas, ia pun memberitahukan kepada warga lain yang datang ke masjid itu, dan tak lama kemudian melaporkannya ke Polsek Langsa Barat.

Sebelum dibawa ke RSUD Langsa oleh aparat Polsek Langsa Barat dan Polres Langsa beserta warga, bayi itu sempat diamankan di rumah Ismail karena kondisi bayi mulai kedinginan. Saat itu, bayi yang ditemukan warga di  meja kios tersebut dititipkan di ruang anak RSUD Langsa.

Bahkan, pada Selasa pagi, Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, didampingi Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mulyadi, SE, sudah menjenguk langsung dan melihat kondisi bayi di rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mulyadi, SE kepada Prohaba mengatakan, diduga bayi berjenis kelamin perempuan tersebut dibuang oleh orangtuanya pada malam hari sebelum waktu shalat subuh. Pasalnya, kain bedong dan selimut berwarna pink dan biru masih menyelimuti badan bayi, bahkan badan bayi basah karena terkena air hujan. Lalu, jelas Kapolsek, dari TKP penemuan bayi itu juga tidak ada ditemukan adanya ari-ari dan bayi tersebut diperkirakan sudah berumur 40 hari.

“Saat ini, diperlukan dilakukan lidik dan koordinasi dengan pihak bidan desa dalam wilayah hukum Polres Langsa, sehingga dapat diketahui orangtua kandung dari bayi ini dan dapat dilakukan proses hukum yang berlaku,” ujar Kapolsek. Kemudian, lanjutnya, pihak kepolisian juga akan melakukan koordinasi terutama dengan para Bhabinkamtibmas gampong guna pengungkapan kasus pembuangan bayi tersebut.

Iptu Mulyadi memaparkan, kronologis penemuan bayi mungil itu berawal sekitar pukul 05.40 WIB, dua orang saksi, Sumanto dan Ismail, baru saja pulang usai Shalat Subuh di Masjid Nur Hidayah, Gampong Alue Dua Bakaran Batee. Mereka saat itu mendengar suara tangisan anak bayi, lantas mencari sumber suara bayi dan memeriksa sebuah kardus merk wonder apple yang terletak di atas meja kios.

Ketika mereka memeriksa, di dalam kardus itu ditemukan seorang bayi perempuan yang diselimuti dengan kain bedong dan selimut bayi yang berwarna pink dan biru. Bayi perempuan ini dalam keadaan basah dan diperkirakan usianya 40 hari. Saat ditemukan, kondisi bayi dalam keadaan masih hidup atau bernafas.

Lantas atas laporan masyarakat, personel piket Polsek Langsa Barat beserta Bhabinkamtibmas mendatangi lokasi penemuan bayi bersama saksi. Setelah dicek kondisi bayi masih bernafas, bayi itu langsung dibawa ke rumah seorang warga dan kemudian dibawa ke IGD RSU Langsa guna mendapatkan penanganan medis.(zb)

Berita Populer
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved