Breaking News:

Ular Piton Mangsa Kambing Imam Masjid, Evakuasi Libatkan Mobil Pemadam Kebakaran

Ular piton atau sanca (pythonidae) berukuran besar masuk ke Desa Gosong Telaga Timur, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil

PROHABA/DEDE ROSADI
Warga menangkap seeokor ular ukuran sanca memangsa kambing warga Gosong Telaga Timur, Singkil Utara, Aceh Singkil, Kamis (14/1/2021). 

SINGKIL - Ular piton atau sanca (pythonidae) berukuran besar masuk ke Desa Gosong Telaga Timur, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (14/1/2021) siang. Ular dengan panjang 6 meter lebih itu, memangsa kambing milik Misran, Imam Masjid Gosong Telaga Timur yang berada dekat perumahan penduduk.

Kambing yang dimakan binatang melata tersebut sedang hamil besar. Namun begitu, ukuran kambing yang cukup gemuk tersebut masih mampu ditelan ular hingga perutnya tampak membesar. Bahkan, perut ular yang membengkak itu tampak menonjol dan sangat berbeda dengan bagian tubuh lainnya. Dari kulit bagian perut ular itu juga terlihat tonjolan kaki kambing.

Setelah makan kambing berukuran besar, ular piton itu menjadi lemas bergerak. Sehingga ketahuan oleh warga yang sontak beramai-ramai menangkapnya. "Kambing yang dimakan lagi hamil," kata Camat Singkil Utara, Amril.

Kendati sedang lemas, tapi proses penangkapan ular sanca berukuran besar itu bukan perkara mudah. Butuh pria berotot kuat untuk menaklukkannya. Hal itu terjadi karena ular tersebut berbobot berat. Usai tertangkap, ular itu pun langsung menjadi tontonan warga yang berdatangan ke lokasi. Ular itu sendiri tak bisa bergerak lincah, hanya bagian kepala dan ekor saja yang sesekali bergerak.

Tapi, untuk mencegah terjadi hal yang tak diinginkan, petugas membungkus kepala ular menggunakan lakban. Mobil pemadam kebakaran (damkar) juga segera dipanggil untuk melakukan evakuasi ular ke kantor BKSDA Resort 18 Aceh Singkil. Saat menaikan ular ke atas mobil, lagi-lagi petugas kewalahan. Termasuk ketika dalam perjalanan, petugas pemadam kebakaran dari Pos Singkil Utara harus berhenti sejenak dalam perjalanan untuk memperkuat ikatan di mulut dan badan ular.

Ketika sampai di kantor BKSDA, petugas pun menurunkan ular piton itu dengan cara ditarik ramai-ramai dari atas mobil pemadam kebakaran. Saat menggeser dari mobil pemadam kebakaran, butuh lima pria. "Sementara disimpan di kantor BKSDA sambil menunggu arahan pimpinan," kata Polisi Kehutanan BKSDA Resort 18 Aceh Singkil, M Ja'far yang turut melakukan evakuasi.(de)     

Berita Populer
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved