Breaking News:

Polusi Udara Tingkatkan Risiko Gangguan Penglihatan

Studi skala besar di Inggris telah menemukan kaitan antara polusi udara dengan peningkatan kasus degenerasi makula terkait usia (AMD)..

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI polusi udara dari rumah tangga yang berasal dari penggunaan bahan bakar kayu untuk memasak. Biomassa kayu bakar dapat berakibat buruk pada kesehatan paru-paru. Polutan dari biomassa kayu dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. 

PROHABA.CO - Studi skala besar di Inggris telah menemukan kaitan antara polusi udara dengan peningkatan kasus degenerasi makula terkait usia (AMD).

Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan parah yang dapat terjadi secara permanen.

Seperti dikutip dari IFL Science, Rabu (27/1/2021), ada faktor-faktor risiko yang diketahui berkontribusi terhadap perkembangan AMD.

Beberapa di antaranya adalah faktor usia, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, serta genetik yang diturunkan dalam keluarga.

Meski begitu, penyebab pasti AMD belum sepenuhnya dapat dijelaskan.

Beberapa studi juga dilakukan untuk memahami asal-usul genetik AMD dan apakah sel induk dan terapi gen mungkin dapat membalikkan atau mencegah proses tersebut.

Tetapi nampaknya harus lebih banyak lagi studi untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan seorang individu dapat berisiko lebih tinggi terkena AMD.

Kini, peneliti memasukkan satu faktor lagi yang dapat menyebabkan peningkatan risiko AMD, yaitu polusi udara.

Baca juga: Virus Nipah, Ancaman Pandemi Berikutnya di Asia

“Kami telah mengidentifi kasi risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh polusi udara, memperkuat bukti bahwa memperbaiki udara yang kita hirup harus menjadi prioritas kesehatan yang utama,” kata Profesor Paul Foster, penulis utama dari University College London, Inggris.

Dalam studinya, peneliti melihat data dari 115.954 peserta UK Biobank yang berusia antara 40 hingga 69 tahun dan tak memiliki gangguan penglihatan pada awal penelitian pada tahun 2006.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved