Breaking News:

Petugas Berjaga di Lokasi Semburan Gas dan Lumpur

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendirikan posko jaga di lokasi semburan gas dan lumpur, yakni di Pondok Pesantren Al Ihsan yang masih berada..

Editor: Muliadi Gani
ANTARA FOTO/FB ANGGORO/FOC.
GAS bercampur lumpur masih menyembur dari lubang di Pondok PesaSemburan gas bercampur lumpur di Pondok Pesantren Al-Ihsan, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (6/2/2021). 

PROHABA.CO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendirikan posko jaga di lokasi semburan gas dan lumpur, yakni di Pondok Pesantren Al Ihsan yang masih berada di sekitar areal perusahaan gas Energi Mega Persada (EMP) Bentu.

"Di pos jaga tersebut kini kita juga meminta bantuan dari perusahaan gas terkait untuk membantu menangani permasalahan semburan gas dan lumpur itu," kata Gubernur Riau, Syamsuar dalam keterangan di Pekanbaru, Sabtu (6/2/2021).

Ia menjelaskan bahwa pada Kamis (4/2/2021), seluruh santri penghafal Al Quran sudah diungsikan ke pesantren induknya di kawasan Kubang, Kabupaten Kampar setelah luapan lumpur membanjiri kawasan Ponpes Al Ihsan Pekanbaru.

Sedangkan masyarakat belum ada yang bermukim di dekat lokasi luapan itu.

Syamsuar menyebutkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau sudah diturunkan ke lokasi semburan lumpur, dan  juga meminta bantuan dari perusahaan bidang pengeboran gas EMP Bentu.

Sementara itu petugas TNI berjibaku membantu memindahkan barang-barang di Ponpes Al Ihsan.

Lokasi semburan lumpur itu tidak begitu jauh dari kantor Wali Kota Pekanbaru yang baru dioperasionalkan pemakaiannya atau berjarak sekitar 1 kilometer.

Di kawasan ponpes tersebut memang lokasi aliran pipa perusahaan gas.

Polusi Udara Tingkatkan Risiko Gangguan Penglihatan

Semburan gas dan lumpur itu berawal dari pengeboran sumur milik Pondok Pesantren Al Ihsan di Jalan Abdurrahman, pada Kamis (4/2/2021).

Namun saat pengeboran mencapai 115 meter, tiba-tiba keluar gas sekitar pukul 13.30 WIB.

Halaman
12
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved