Breaking News:

Wajah Islam Sejati dalam Serial Ertugrul 

Tema besar Ertugrul yang ditampilkan oleh Mehmet Bozdag memang sangat berlawanan dengan mayoritas penampilan Islam versi media Barat selama ini yang..

Editor: Muliadi Gani
TCCB.GOV.TR
FOTO BERSAMA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan istri berfoto di depan tenda suku Kayi saat mengunjungi lokasi serial TV “Dirilis Ertugrul” yang ditayangkan di TRT pada tahun 2015. 

Serial Film Islam (Bagian 4)

PROHABA.CO - Tema besar Ertugrul yang ditampilkan oleh Mehmet Bozdag memang sangat berlawanan dengan mayoritas penampilan Islam versi media Barat selama ini yang sering ditampilkan berwajah barbar.

Bozdag yang berlatar pendidikan dan keahlian sosiologi menampilkan fondasi imperium dan Dinasti Ottoman dengan wajah Islam sejati.

Buyut Osman I, Sulaiman Syah dan Hayme Hatun, ditampilkan bagaimana mereka mendidik anak-anaknya dengan nilai-nilai keadilan, cinta damai, inklusif, menghargai perbedaan, mempraktikkan meritokrasi, menghargai pengetahuan yang kesemuanya merupakan nilai-nilai kehidupan universal yang dicintai umat manusia.

Untuk menjamin tegaknya nilai-nilai itu, kepada Ertugrul dan saudaranya juga ditanamkan sifat-sifat keluhuran budi pekerti, kesatria, dan penyayang terhadap mereka yang tertindas, walau berlainan agama sekalipun.

Semua nilai-nilai itu dikontraskan dengan kebiadaban tiga kekuatan besar masa itu: Romawi Timur Byzantium, Kesatria Salib, dan air bah bangsa Mongol. Suku-suku Oghuz Turki yang tersebar di seluruh kawasan Anatolia yang pada masa itu di bawah Dinasti Seljuk berada dalam ancaman yang konstan dari ketiga kekuatan.

Ketakutan dan ancaman itu menjadi harapan, bahkan kemudian menjadi kenyataan ketika Ertugrul tampil sebagai juru selamat dan pemersatu suku-suku tersebut.

Kelicikan musuh, korupsi besar-besaran elite Seljuk di Ibu Kota Konya, kerja sama petinggi kerajaan dengan para panglima Mongol, dan pengkhianatan para “cuak” yang cukup banyak di antara sesama suku Turki adalah tantangan terbesar Ertugrul.

Baca juga: Dirilis Ertugrul, Epik Sejarah yang Fenomenal

Keputusan penguasa Seljuk, Sultan Alâeddin Keykûbad menghargai kesetiaan dan kecerdasan Ertugrul dengan memberikannya kekuasaan penuh terhadap kawasan Sogut--hari ini Provinsi Bilecik, Turki--menjadi tantangan yang sangat besar kepada Ertugrul, suku Kayi, dan suku-suku Turki lain yang berdekatan dengan mereka.

Di sebalik kebaikan Sultan Alâeddin, Sogut dijadikan daerah penyangga Seljuk untuk membendung adikuasa Bizantium Kristen di bawah kepemimpinan Ertugrul.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved