Breaking News:

Smartphone Ini Miliki Fitur Kamera yang Dapat Menangkap 27 Emosi Manusia

Menggunakan teknologi baru dan fitur canggih dari kamera inovatif milik OPPO Reno6, berbagai emosi yang direkam pun bisa teridentifikasi.

Editor: IKL

PROHABA.CO - Kehadiran teknologi smartphone yang semakin canggih terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman, fitur-fitur yang disediakan mampu menghubungkan segala aspek kehidupan manusia. Salah satunya emosi manusia yang dapat ditangkap oleh fitur kamer dan membuatnya menjadi suatu karya. 

Emosi adalah ekspresi jiwa yang membuat seseorang menjadi lebih ‘hidup’. Namun, tak sedikit orang yang mengartikan bahwa kata ‘emosi’ hanya ditujukan untuk mengungkapkan perasaan negatif seperti marah atau kecewa. Padahal, emosi tak sebatas itu saja.

Kategori emosi yang berhasil diidentifikasi di antaranya yaitu Admiration (kagum), Adoration (pemujaan), Aesthetic Appreciation (apresiasi keindahan), Amusement (terhibur), Anxiety (kecemasan), Awe (takjub), Awkwardness (kikuk), Boredom (bosan), Calmness (tenang), Confusion (bingung), Craving (mengidam). 

Baca juga: 2 Orang Menghilang Tanpa Jejak, Tim SAR Terus Melakukan Pencarian

Baca juga: Balita 3 Tahun Disiksa Ayah Tiri Hingga Cacat dan Akhirnya Tewas

Selain itu, ada pula emosi Disgust (jijik), Fear (takut), Horror (seram), Interest (tertarik), Joy (girang), Romance (romantis), Sadness (sedih), Envy (iri), Nostalgia (nostalgia), Satisfaction (puas), Sympathy (simpati), dan yang lainnya.

Dalam penelitian tersebut, dikumpulkan 2.185 klip video pendek yang menampilkan berbagai macam hal dengan tujuan untuk membangkitkan emosi tertentu yang dirasakan para responden ketika melihatnya.

Mengabadikan emosi dengan teknologi kamera 

Menariknya, kini telah hadir teknologi yang diinovasikan pada kamera smartphone yang bisa mengabadikan berbagai emosi manusia dalam karya video yang indah dan juga artistik.

Jadi, tak hanya bisa sekadar merekam video biasa, teknologi pada smartphone terbaru ini  juga mampu menghasilkan video portrait dengan bokeh yang artistik, sehingga segala perhatian bisa terfokus hanya pada emosi/ekspresi subjek foto. Terlihat sangat menarik bukan?

Kecanggihan teknologi ini telah dicoba oleh delapan orang key opinion leader (KOL) yang ditantang dalam kegiatan bertajuk ‘Emotions Extractor Challenge’ yang diselenggarakan oleh OPPO Indonesia.

Beragam ekspresi yang terekam menggunakan OPPO Reno6. (Istimewa)
Beragam ekspresi yang terekam menggunakan OPPO Reno6. (Istimewa) ()

Para KOL yang diundang tersebut pun ditantang untuk mengabadikan berbagai emosi unik yang dirasakannya saat mencoba beberapa wahana yang memacu adrenalin, di antaranya parasailing, disco boat hingga wahana ekstrim 5GX (slingshot) dalam sebuah video portrait.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved