Breaking News:

Purnawirawan TNI Bekuk Pembobol Celengan Masjid, Pelaku Putuskan Kabel CCTV

Pensiunan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI-AD, Mayor Inf (Purn) Ilyas Thaib, membekuk seorang pria yang baru saja beraksi membobol

Editor: bakri
FOTO FOR PROHABA
TERSANGKA pelaku pembobol kotak amal (celengan) Masjid Al-Fitrah Asrama PHB, Gampong Bandar Baru (Lampriek), Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu (7/7/2021) sekitar pukul 11.00 WIB. 

BANDA ACEH - Pensiunan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI-AD, Mayor Inf (Purn) Ilyas Thaib, membekuk seorang pria yang baru saja beraksi membobol celengan masjid. Tepatnya celengan Masjid Al-Fitrah Asrama PHB, Gampong Bandar Baru (Lampriek), Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu (7/7/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Pemuda asal Krueng Geukueh, Aceh Utara itu berusaha melarikan diri saat aksinya sudah dipergoki. Namun, berkat cekatan Ilyas yang juga Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Fitrah Asrama PHB, akhirnya berhasil meringkus pelaku yang sempat kabur ke Jalan Syiah Kuala, tepatnya di depan MIN Model, Banda Aceh.

Mayor Inf (Purn) Ilyas Thaib yang dihubungi Prohaba mengaku awalnya ia mendengar ada suara sesuatu benda yang jatuh dari arah Masjid Al-Fitrah. Namun, karena penasaran dan ingin tahu benda apa yang jatuh itu, ia bergegas menuju masjid. "Kebetulan saya tinggal di depan Masjid Al-Fitrah," kata Ilyas.

Menurut Ilyas, begitu tiba di masjid, ia berpapasan dengan seorang pelaku yang membawa linggis dan hendak ke luar dari masjid. Begitu melihat kedatangan Ilyas, pelaku langsung menyembunyikan linggis itu ke dalam bagian baju yang dikenakannya. "Saya tanya padanya, dari mana linggis itu, dia jawab baru saja dia temukan. Kalau begitu buang saja linggis itu," kata Ilyas.

Kemudian, lanjut Ilyas, dia masuk ke dalam Masjid Al-Fitrah dan merasa curiga atas kondisi di sana. Sementara pemuda itu terus berlalu menuju ke arah sepeda motornya. Begitu sepeda motor hendak dinyalakan, Ilyas langsung bergegas menyambangi pemuda itu dan menarik kunci sepeda motornya. "Kemudian saya bawa masuk dia ke dalam masjid dan saya katakan 'Kamu baru mencuri uang dari kotak amal masjid ya', begitu pertanyaan saya ke pelaku," terang Ilyas.

Tiba-tiba pria itu langsung kabur. Ilyas yang sudah curiga bahwa pemuda yang di depannya itu pencoleng celeng masjid langsung mengejar dan meneriaki pemuda itu maling. Pelaku lari ke luar masjid dan lari ke arah Jalan Syiah Kuala. "Saya terus mengejar dan syukur ada sepeda motor warga yang bisa saya tumpangi dan saya terus berteriak maling, sehingga memunculkan perhatian warga," cerita Ilyas.

Ujung-ujungnya, tersangka pembobol kotak amal Masjid Al-Fitrah ini pun berhasil diringkus dan dibawa kembali ke Masjid di Asrama PHB itu. Dari keterangan yang berhasil dikorek dari pria tersebut, tersangka mengaku sudah ada tiga masjid yang kotak amalnya dia bobol. Salah satunya Masjid Punge dan satu masjid lainnya di Banda Aceh. "Masjid ketiga yang menjadi sasaran dia ya masjid kami.

Kebetulan hari ini tukang yang merehab masjid kami sedang libur. Sepertinya pelaku sudah mengintai masjid kami," terang Ilyas. Ternyata, lanjut pensiunan perwira yang lama berdinas di Penerangan Kodam Iskandar Muda (Pendam IM) ini, pria itu sudah datang sekali ke Masjid Al-Fitrah sekitar pukul 10.15 WIB. Ia memulai aksinya dengan membongkar dan menggergaji kabel CCTV di bagian luar. Pada waktu itu tersangka pun sudah sempat mengambil uang dari celengan masjid.

"Apa mungkin merasa kurang, sehingga dia balik lagi ke masjid pukul 11.00 WIB dan mengambil lagi uang dari celengan. Hal itu kami tahu dari rekaman CCTV masjid," ungkap Ilyas. Pelaku yang berhasil diringkus selanjutnya diserahkan ke Polsek Kuta Alam, setelah pihak BKM Al-Fitrah turut menginformasikan itu ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dari tangan tersangka berhasil diamankan linggis dan gergaji kecil sebagai alat bantu membobol celengan Masjid Al-Fitrah. "Jumlah uang yang diambil dari celeng Masjid Al-Fitrah ada sekitar 760.000 rupiah," pungkas Ilyas Thaib. Aksi pensiunan TNI ini tergolong berani dan heroik. Apalagi saat tertangkap basah, pelaku memiliki linggis di tangannya yang bisa saja dia gunakan untuk menyerang orang yang mengejarnya. (mir)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved