Breaking News:

Pusat Perbelanjaan dan Tempat Makan di Banda Aceh Wajib Tutup Pukul 5 Sore

Jam operasional warung makan/minum, pusat perbelanjaan, mall, pusat perdagangan, dan sejenisnya kini dibatasi hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Penulis: bakri | Editor: IKL
For Serambinews.com
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Winardy 

PROHABA.CO, BANDA ACEH - Berhubung masuknya kota Banda Aceh dalam 43 kota di Indonesia dengan kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM Mikro level 4) yang pelaksanaannya diperketat. Jam operasional warung makan/minum, pusat perbelanjaan, mall, pusat perdagangan, dan sejenisnya kini dibatasi hingga pukul 17.00 (pukul lima sore) waktu setempat. 

Masuknya Banda Aceh dalam kategori daerah yang menerapkan PPKM mikro level 4 atau PPKM yang diperketat tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Pengetatan itu dilakukan pada tanggal 6 hingga 20 Juli 2021,” ujar Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy SH SIK Msi, kepada Serambi, Kamis (8/7/2021).

Dengan masuknya Banda Aceh dalam kategori PPKM Mikro level 4 yang diperketat, menurutnya,  ada sejumlah aturan yang diberlakukan untuk pelaku usaha. Pertama, aturan yang diberlakukan untuk pelaku usaha berdasarkan Inmendagri Nomor 17 Tahun 2021 meliputi untuk makan/minum di tempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan) yang berada di lokasi tersendiri maupun pada pusat perbelanjaan/mal, dibatasi sebanyak 25 persen dari kapasitas. "Jam operasionalnya dibatasi sampai pukul 17.00 (pukul lima sore) waktu setempat," sebut Kabid Humas.

Baca juga: Sejumlah Kafe di Kota Lhokseumawe Disegel Tim Gabungan PPKM Dalam Perketat Pengawasan

Baca juga: Kafe yang Abaikan Protkes di Nagan Raya Akan dijadikan Sasaran Tim Gabungan

Selanjutnya, kata Winardy, untuk layanan makanan melalui pesan-antar/dibawa pulang tetap diizinkan sampai pukul 20.00 waktu setempat. Sedangkan untuk restoran yang hanya melayani pesan antar /dibawa pulang dapat beroperasi 24 jam. Semua kegiatan di atas, sambungnya, tetap harus menerapkan protokol kesehatan (protkes) secara lebih ketat.

"Untuk aktivitas di pusat perbelanjaan, mal, pusat perdagangan, jam operasionalnya juga dibatasi sampai pukul 17.00 WIB (pukul lima sore) waktu setempa. Kapasitas pengunjung juga dibatasi maksimal sebesar 25 persen dari waktu biasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat," jelas Winardy.

Polda Aceh, tambahnya, meminta pemilik usaha paham kewajiban mereka dengan menutup operasional pada pukul 17.00 WIB dan saat operasional dilakukan pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 25 % dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Mulai hari ini (kemarin-red) akan kita lakukan patroli untuk meminta masyarakat menutup tempat usahanya pada pukul 17.00 WIB. Dan, mulai hari Senin depan, bagi yang melanggar akan kita diberikan sanksi," tutup Kabid Humas Polda Aceh. (dan)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Warung dan Mal di Banda Aceh Harus Tutup Pukul Lima Sore, https://aceh.tribunnews.com/2021/07/09/warung-dan-mal-di-banda-aceh-harus-tutup-pukul-lima-sore

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved