Breaking News:

Olimpiade Tokyo

Greysia Polii, Dulu Didiskualifikasi, Kini Pecahkan Rekor di Olimpiade

Pebulu tangkis putri Indonesia spesialisasi nomor ganda, Greysia Polii, memiliki kisah tersendiri di Olimpiade. Ia sempat didiskualifikasi hingga ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: DOK. BADMINTON INDONESIA
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii, meraih medali emas SEA Games 2019. 

PROHABA.CO - Pebulu tangkis putri Indonesia spesialisasi nomor ganda, Greysia Polii, memiliki kisah tersendiri di Olimpiade.

Ia sempat didiskualifikasi hingga akhirnya memecahkan rekor.

Sebelum memecahkan rekor di Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii pernah didiskualifikasi pada gelaran Olimpiade London tahun 2012.

Seperti dimuat dalam artikel Kompas.com pada 2 Agustus 2012 lalu, Greysia Polii sempat didiskualifikasi pada perhelatan olahraga multicabang terbesar di dunia itu.

Saat itu, ia tandem dengan Meiliana Jauhari sebagai pasangan ganda putri yang mewakili Indonesia di Olimpiade London 2012.

Pada waktu itu, Greysia Polii/Meiliana Jauhari dianggap melanggar kode etik karena sengaja mengalah di babak Grup C cabor bulu tangkis saat menghadapi Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan).

Mereka ditengarai sengaja melakukan tindakan tersebut agar bisa terhindar dari pasangan Wang Xiaoli/Yu Yang (China) di babak perempat final.

Alhasil, Greysia Polii dan rekannya Meiliana Jauhari didiskualifikasi oleh BWF dan tidak dapat bertanding lagi di Olimpiade London 2012.

Baca juga: Menang Telak, Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade

Baca juga: Eko Yuli Raih Perak Olimpiade dan Bidik Rekor Spesial Lainnya

Selain Greysia/Meiliana, tiga pasangan lainnya, Wang Xiaoli/Yu Yang (China), Kim Ha Na/Jung Kyung Eun dan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan) juga didiskualifikasi.

Keempat pasangan ganda putri itu dianggap melanggar ‘code of conduct’ pasal 4.5 dan 4.16 yaitu "tidak bersungguh-sungguh untuk berusaha memenangkan pertandingan" dan "bertingkah laku menghina dan merusak reputasi bulu tangkis."

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved