Breaking News:

Internasional

Miliarder Cina Jadi Provokator, Dihukum Penjara 18 Tahun

Seorang miliarder peternak terkemuka di Cina dijatuhi hukuman 18 tahun penjara dan denda 3,1 juta yuan (Rp 6,9 Miliar) atas berbagai tuduhan, ...

Editor: Muliadi Gani
LEGAL TEAM OF DAWU GROUP VIA AP
DALAM foto tanggal 2 April 2010 yang disediakan oleh Tim Hukum Grup Dawu, Sun Dawu berdiri di Baoding di Provinsi Hebei, China utara. 

PROHABA.CO, BEIJING - Seorang miliarder peternak terkemuka di Cina dijatuhi hukuman 18 tahun penjara dan denda 3,1 juta yuan (Rp 6,9 Miliar) atas berbagai tuduhan, termasuk mengorganisasi serangan terhadap pejabat dan “memprovokasi masalah”.

Sun Dawu, pemimpin Dawu Agriculture Group, ditangkap setelah memuji pengacara ketika pemerintahan Presiden China Xi Jinping melakukan penindakan keras terhadap aparat penegak hukum.

Miliarder Cina ini termasuk di antara 20 terdakwa yang diadili di Pengadilan Rakyat Gaobeidian, barat daya Beijing di Provinsi Hebei.

Mereka ditangkap setelah karyawan Dawu pada Agustus 2020 berupaya menghentikan sebuah perusahaan milik negara yang ingin menghancurkan sebuah bangunan perusahaan.

Pengadilan mengatakan, Sun dinyatakan bersalah atas kejahatan, termasuk “mengumpulkan massa untuk menyerang institusi negara”, “menghalangi administrasi pemerintah”, serta “menimbulkan pertengkaran dan memprovokasi masalah”.

Terdakwa lain menerima hukuman mulai dari satu hingga 12 tahun, menurut pernyataan dari Dawu Group.

Perusahaan itu juga diperintahkan untuk mengembalikan 1 miliar yuan (Rp 2,2 triliun) terkait investasi yang dijalankan secara tidak benar, melansir Al Jazeera pada Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Bunuh 2 Gadis Usai Diperkosa, Aipda Roni Kini Terancam Hukuman Mati

Sun menjadi terkenal secara nasional pada 2003, ketika dia didakwa dengan penggalangan dana ilegal setelah meminta investasi untuk bisnisnya dari teman dan tetangga. Kasus ini memicu curahan dukungan publik untuk Sun.

Sejak itu, Sun terus memuji pengacara yang membantu masyarakat ketika tokoh hukum terkemuka terpenjara oleh pemerintah Xi.

Pengacara Sun dalam kasus 2003, Xu Zhiyong, menghilang pada Februari 2020.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved