Breaking News:

Pura-Pura Belanja, Pencuri Larikan 10 Mayam Emas, Modusnya Beli Tangki Semprot

Tim gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim dan Unit V Gassus Sat Intelkam Polres Pidie meringkus M Jamil (45), warga Gampong Seuneubok Pidie

Editor: bakri
FOTO PRO PROHABA
M Jamil, tersangka pelaku pencurian emas saat diperiksa di Mapolres Pidie, Rabu (1/8/2021). 

SIGLI - Tim gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim dan Unit V Gassus Sat Intelkam Polres Pidie meringkus M Jamil (45), warga Gampong Seuneubok Pidie, Kecamatan Madat, Aceh Timur. Tersangka pelaku diduga telah membawa lari 10 mayam (333 gram) perhiasan emas dari Toko UD Mutiara Tani, Gampong Pasar Paloh, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Rabu (25/8/2021) siang. Toko dan perhiasan emas itu milik Suwarni bin Husen.

“Dalam beraksi, M Jamil berhasil mengelabui pemilik Toko UD Mutiara dengan berpura-pura sebagai pembeli,” kata Kapolres Pidie, AKBP Padli SIK MH, melalui Kasat Reskrim, AKP Ferdian Chandra MH, kepada Prohaba, Rabu (1/9/2021). Ia jelaskan, saat beraksi M Jamil pergi ke toko UD Mutiara bersama rekannya berpura-pura membeli tangki semprot di Toko UD Mutiara Tani di Pasar Paloh Padang Tiji. M Jamil menanyakan berapa harga tangki semprot.

Sedangkan rekannya duduk menunggu di depan toko. Sebelum tangki semprot itu jadi ia beli, M Jamil meminta pemilik toko mencoba terlebih dahulu tangki tersebut dengan memasukkan air ke dalamnya. Karena di tokonya sedang tak ada air, pemilik toko itu pun pergi ke meunasah yang jaraknya tak jauh, untuk mengambil air.

Saat pemilik toko menuju meunasah ia tinggalkan calon pembeli di dalam tokonya. Kesempatan itu ternyata dimanfaatkan tersangka untuk memeriksa dan mengambil sebagian an isi tas kecil kepunyaan si pemilik toko yang terletak di atas meja. “Saat Suwarni pulang dari meunasah, M Jamil bersama rekannya buru-buru ke luar, lalu pamit, dan berjanji akan datang kembali,” jelas Ferdian.

Sepeninggal dua calon pembeli tangki semprot tersebut, Suwarni masuk ke dalam toko. Dia periksa isi tas kecilnya. Betapa kagetnya ia karena barang berharga miliknya telah raib dari tas kecil tersebut. Emas seberat 10 mayam yang terdiri atas kalung dan gelangraib. Bergegas ia melaporkan apa yang dialaminya kepada polisi. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp 28,5 juta.

Tersangka juga mencuri sebuah handphone milik korban merek Samsung dan uang tunai Rp 200 ribu lebih. Setelah menerima laporan kehilangan, polisi pun bergerak cepat. Dari hasil penyelidikan polisi akhirnya terungkap bahwa tersangka yang mengambil emas, handphone, dan uang milik Suwarni diduga M Jamil. Pria ini merupakan warga Gampong Seuneubok, Kecamatan Madat, Aceh Timur. Ia pun diringkus polisi pada da Senin (30/8/2021).

Sedangkan rekannya berinisial J berhasil kabur saat rumah J digerebek polisi. Kata AKP Ferdian, hasil pengembangan polisi dari ‘nyanyian” M Jamil, bahwa emas hasil curian itu sebagian telah dijual ke salah satu toko emas di Jalan Tgk Chik Di Tiro Panton Labu, Aceh Utara. Akhirnya polisi pun mengamankan Taufiq, pemilik toko tersebut, bersama barang bukti seberat 6,7 mayam emas. “Sisa 3 mayam lagi telah diserahkan M Jamil kepada istrinya berinisial J yang kini sudah kabur. Saat ini dua tersangka pelaku dan barang bukti emas milik korban telah diamankan,” pungkasnya. (naz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved