Breaking News:

Cina akan Bikin Pesawat Antariksa Raksasa

Cina sedang berambisi membikin pesawat luar angkasa raksasa. Pesawat itu rencananya berukuran panjang satu kilometer, lebih besar dari ukuran ...

Editor: Muliadi Gani
AP/NG HAN GUAN
ROKET buatan China buat misi luar angkasa 

PROHABA.CO - Cina sedang berambisi membikin pesawat luar angkasa raksasa.

Pesawat itu rencananya berukuran panjang satu kilometer, lebih besar dari ukuran Stasiun Luar Angkasa Internasional yang sepanjang 110 meter.

Seperti dilansir Livescience, mantan Kepala Teknologi Badan Antariksa dan Aeronautika Amerika Serikat (NASA), Mason Peck, mengatakan impian Cina bisa terwujud tetapi mempunyai sejumlah kendala.

Menurut Peck hambatan terbesar adalah masalah teknis.

"Saya rasa ini sepenuhnya mungkin dilaksanakan," ucap Peck, yang sekarang menjadi dosen Teknik Angkasa Luar di Universitas Cornell, Amerika Serikat.

Peck memberikan catatan tantangan terbesar pada proyek ini adalah biaya.

Mengingat tingginya biaya yang harus ditanggung untuk melakukan pengiriman objek dan materi ke angkasa luar.

Menurut NASA, ISS yang hanya berukuran panjang 110 meter pada titik terlebarnya menghabiskan biaya pembuatan sekitar US$100 miliar (sekitar Rp1,4 triliun).

Baca juga: Bezos Mau Pecahkan Rekor ke Antariksa Tanpa Pilot

Sehingga membangun sesuatu berukuran sepuluh kali lipat lebih besar akan memberikan tekanan, bahkan pada negara yang sangat dermawan pada proyek antariksa.

Menurut laporan Techtimes, proyek ini adalah bagian dari pengajuan penelitian Yayasan Ilmu Pengetahuan dan Alam Nasional Cina, yang merupakan agensi penggalangan dana.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved