Breaking News:

Gempa Bumi

Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudo Guncang Australia, Bangunan Rusak, Warga Melbourne Berlari ke Jalan

Gempa berkekuatan 6,0 melanda dekat Melbourne di Australia pada Rabu (22/09).

Editor: IKL
TRIBUN BATAM
Ilustrasi Gempa Bumi 

PROHABA.CO, MELBOURNE - Gempa berkekuatan 6,0 melanda dekat Melbourne di Australia pada Rabu, kata Geoscience Australia, menyebabkan kerusakan pada bangunan di kota terbesar kedua di negara itu dan mengirimkan getaran ke seluruh negara bagian tetangga.

Mengutip Reuters, Rabu (22/9), pusat gempa berada di dekat kota pedesaan Mansfield di negara bagian Victoria, sekitar 200 km (124 mil) timur laut Melbourne, dan berada pada kedalaman 10 km (enam mil).

Stasiun radio 3AW memposting gambar puing-puing di salah satu jalan utama Melbourne yang dikaitkan dengan gempa, dan orang-orang di bagian utara kota mengatakan di media sosial bahwa mereka kehilangan listrik, sementara yang lain mengatakan mereka dievakuasi dari gedung-gedung.

Gempa dirasakan hingga kota Adelaide, 800 km (500 mil) ke barat di negara bagian Australia Selatan, dan Sydney, 900 km (600 mil) ke utara di negara bagian New South Wales, meskipun tidak ada laporan kerusakan di luar Melbourne dan tidak ada laporan cedera.

Baca juga: Lionel Messi Ngambek Digantikan, Mauricio Pochettino Dapat Peringatan dari Sultan Qatar

Lebih dari setengah dari 25 juta penduduk Australia tinggal di tenggara negara itu dari Adelaide ke Melbourne ke Sydney.

Walikota Mansfield, Mark Holcombe, mengatakan dia berada di kantor rumahnya di pertaniannya ketika gempa melanda dan berlari keluar untuk menyelamatkan diri.

"Saya pernah mengalami gempa bumi di luar negeri sebelumnya dan tampaknya berlangsung lebih lama dari yang saya alami sebelumnya," kata Holcombe kepada ABC. 

"Hal lain yang mengejutkan saya adalah betapa berisiknya itu. Itu benar-benar gemuruh seperti truk besar yang lewat."

Baca juga: Kota Depok Alami Hujan Deras Disertai Angin Puting Beliung

Dia mengatakan dia tahu tidak ada kerusakan serius di dekat pusat gempa, meskipun beberapa warga melaporkan masalah dengan telekomunikasi

Tidak ada ancaman tsunami yang dikeluarkan ke daratan, pulau atau wilayah Australia, kata Biro Meteorologi negara itu dalam sebuah pernyataan.

Gempa tersebut menimbulkan potensi gangguan bagi protes anti-lockdown yang diperkirakan terjadi di Melbourne pada hari Rabu, yang akan menjadi hari ketiga kerusuhan yang telah mencapai peningkatan tingkat kekerasan dan tanggapan polisi.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gempa Berkekuatan M 6,0 Guncang Australia, Warga Melbourne Berlarian ke Jalan

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved