Breaking News:

Kriminalitas

Seorang Ibu Tiri Tega Aniaya Bocah di Ciracas, KPAI Minta Penegak Hukum Beri Sanksi yang Berat

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyesalkan aksi kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh ibu tiri di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Editor: IKL
Tribunnews.com
Ilustrasi KDRT pada anak - KPAI menyoroti penganiayaan ibu tiri pada bocah di Ciracas. KPAI minta penegak hukum beri sanksi berat. 

PROHABA.CO,  JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyesalkan aksi kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh ibu tiri di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Kepala Divisi Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi KPAI Jasra Putra menjelaskan, bahwa orang tua baik ibu kandung atau ibu tiri harus menjadi pelindung pertama.

Terutama dalam pemenuhan kebutuhan anak, karena yang terjadi di kasus tersebut gara-gara soal anak.

"Tentu kami minta aparat penegak hukum untuk memberikan hukuman maksimal kepada pelaku, karena pelaku adalah orang terdekat dari anak," katanya, Rabu (29/9/2021).

Karena, dari catatan KPAI dari Januari sampai Juni 2021 pihaknya dapat pengaduan kekerasan anak secara online sebanyak 3.668 kasus.

Dari aduannya itu, paling banyak kasus adalah pelaku orang terdekat dengan total 1.318 kasus.

"Terkait anak korban pemenuhan hak nafkah sebanyak 235 kasus, anak korban pengasuhan bermasalah sebanyak 307 kasus, anak korban perebutan hak asuh 107 kasus, anak korban pelarangan akses bertemu orang tua sebanyak 257 kasus serta kasus lainya," jelasnya.

Baca juga: Anissa Trihapsari Syuting Sinetron Bareng Suami dan Mantan Suami

Baca juga: Bawa Bom Molotov Saat Demom Seorang Kepala Desa di Konawe Ditangkap Polisi

Selanjutnya dalam situasi pandemi Covid-19, kluster perlindungan khusus anak (PKA) seperti anak korban kekerasan fisik dan atau psikis sebanyak 472 kasus dan anak korban kejahatan seksual sebanyak 492 kasus.

Seperti kasus yang terjadi di Ciracas di mana diduga pelakunya adalah Ibu tiri yang seharusnya memberikan perlindungan untuk anak.

Pengetahuan pengasuhan ini sangat penting diketahui oleh orang tua dan memahami perkembangan anak sesuai usianya (*)

Baca juga: Jual Tanah Orang Lain Pakai Dokumen Palsu, Polda Banten Tangkap Mafia Tanah Asal Serang

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul KPAI Minta Penegak Hukum Beri Sanksi Berat pada Ibu Tiri yang Aniaya Bocah di Ciracas, 

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved