Breaking News:

Tahukah Anda

Definisi Resmi Long Covid Versi WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu resmi merilis kriteria diagnostik dan definisi untuk long covid, suatu kondisi membingungkan ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI kesehatan pasien long Covid berangsur pulih setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Hal ini memberi harapan bagi pasien long Covid. 

PROHABA.CO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu resmi merilis kriteria diagnostik dan definisi untuk long covid, suatu kondisi membingungkan yang memengaruhi para penyintas (orang yang sembuh dari) Covid-19.

WHO mencatat, pasien dapat mengalami gejala long covid beberapa bulan setelah infeksi awal mereka dan gejala tersebut dapat cukup parah serta memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Istilah long covid diadopsi dan populer sejak awal pandemi.

Sebagian besar penelitian awal tentang karakteristiknya dilakukan, tapi masih banyak pertanyaan mengenai long covid ini.

Termasuk seberapa sering itu terjadi dan mekanismeyang mendasari di balik banyak gejala yang terkait dengan long covid.

Mengutip Gizmodo, Senin (11/10/2021) WHO pun kemudian secara resmi menyebut kasus klinis untuk long covid atau definisi long covid sebagai ‘kondisi pasca-Covid-19’ pada Rabu, (6/10/2021).

Kondisi tersebut memiliki definisi sebagai sesuatu yang terjadi pada orang dengan riwayat kemungkinan atau konfirmasi infeksi SARS-CoV-2.

Biasanya, tiga bulan dari awal kasus pertama mereka.

Sementara itu, untuk kriteria diagnostiknya adalah kelelahan, sesak napas, dan disfungsi kognitif yang sering disebut brain fog.

Gejala long covid ini dapat menetap sejak infeksi akut atau muncul kemudian dan keparahannya dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Baca juga: Ketua PKK Aceh Ajak Semua Kalangan Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved