Breaking News:

Sediakan Tuak, Wanita Pemilik Warkop Diamankan Satpol PP

SR (44), wanita pemilik warung kopi di Kampung Purwodadi, Kejuruanmuda, Aceh Tamiang, diamankan Satpol PP dan WH Aceh Tamiang karena kedapatan

Editor: bakri
ANTARA/HO
PETUGAS Satpol PP/WH Aceh Tamiang saat gerebek warkop menjual tuak di Aceh Tamiang, Senin (1/11/2021). 

* Tiga Pengunjung Dicokok

KUALASIMPANG - SR (44), wanita pemilik warung kopi di Kampung Purwodadi, Kejuruanmuda, Aceh Tamiang, diamankan Satpol PP dan WH Aceh Tamiang karena kedapatan menyediakan minuman tuak. Karena memabukkan, tuak termasuk minuman keras (khamar) yang diharamkan di Aceh.

Wanita berstatus janda itu diamankan saat melayani tiga pengunjung pria di warungnya pada Senin (1/11/2021) sore. Kasatpol PP dan WH Aceh Tamiang, Asma'i menjelaskan penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat tentang adanya peredaran khamar di wilayah itu. Tim intelijen yang dikerahkan mengusut kasus itu kemudian mencurigai keberadaan warkop yang dikelola SR.

"Laporan tim intel kemudian diteruskan kepada kami untuk dilakukan penindakan," kata Asma'i melalui Kabid Penegakan Syariat Islam Satpol PP dan WH Aceh Tamiang, Syahrir Pua Lapu, Selasa (2/11/2021).

Dalam penindakan itu, petugas turut mengamankan tiga pengunjung yang sedang menenggak tuak. Ketiganya, Ngad (51), Syah (53), dan Wen (41) merupakan warga yang berdomisili tidak jauh dari warkop tersebut. “Tiga pengunjung turut kita amankan karena kedapatan mengonsumsi tuak,” ujarnya. Syahrir menjelaskan, dalam kasus ini para pelaku berupaya menghindari kecurigaan petugas dengan memasukkan tuak ke dalam botol minuman kemasan rasa jeruk. Tindakan pelaku ini diakui Syahrir, sempat menyulitkan petugas menemukan barang bukti kejahatan.

"Seolah-olah mereka minum minuman kemasan rasa jeruk, ternyata di dalamnya tuak," jelasnya. Ditambahkannya, dalam kasus ini keempat tersangka dikenai sanksi sesuai Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. Sementara, barang bukti yang disita hanya sisa tuak yang ada di botol minuman. (mad)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved