Breaking News:

Virus Corona

Vaksin Covid-19 Disebut Bisa Lindungi Ibu Hamil Dari Kerusakan Plasenta Janin

Secara khusus, risiko kelahiran prematur atau kematian pada janin pun meningkat dua hingga tiga kali lipat

Editor: IKL
TRIBUN LAMPUNG/TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
Sejumlah ibu hamil menunggu giliran untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dosis kesatu di Rumah Sakit Belleza, Kedaton, Selasa (24/8/2021). RS Belleza memberikan 200 dosis vaksin jenis Sinovac atau vaksin pertama bagi ibu hamil dengan usia kandungan setelah tiga bulan dan sebelum delapan bulan yang bertujuan untuk membantu membentuk sistem kekebalan tubuh. (Tribunlampung.co.id/Deni) 

PROHABA.CO, BERN - Tim peneliti dari Institut Virologi dan Imunologi Swiss mengatakan bahwa ibu hamil lebih terlindungi dari bahaya pada plasenta dan janin mereka, saat mendapatkan vaksinasi virus corona (Covid-19).

Dikutip dari laman Sputnik News, Sabtu (6/11/2021), menurut temuan tim peneliti lembaga tersebut, virus corona dapat secara cepat berkembang biak dan menginfeksi sel plasenta manusia.

"Fakta bahwa virus dapat menginfeksi dan berkembang biak di plasenta menunjukkan perlunya perempuan divaksinasi," kata para peneliti, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Staf Khusus Wapres: Isu PCR Dinilai Kental Muatan Politis

Baca juga: Dua Menteri Diduga Terlibatan Bisnis PCR ,Harus Segera Ditindaklanjuti

Perlu diketahui, ibu hamil 70 persen lebih rentan terinfeksi dibandingkan orang lainnya pada kelompok usia yang sama, dengan risiko perkembangan parah mengalami peningkatan hingga 10 persen.

Secara khusus, risiko kelahiran prematur atau kematian pada janin pun meningkat dua hingga tiga kali lipat.

"messenger RNA (mRNA) dalam vaksin tidak masuk ke janin, sementara antibodi yang dikembangkan oleh ibu melewati penghalang plasenta dan karena itu akan melindungi anak," jelas institut itu.

Pada Kamis lalu, seorang pejabat di Badan Obat Eropa, Marco Cavaleri mengatakan bahwa pengawas mendukung vaksinasi di kalangan ibu hamil.

Hal itu karena ibu hamil merupakan kelompok populasi yang rentan terpapar virus ini.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Vaksin Covid-19 Disebut Bisa Lindungi Ibu Hamil Dari Kerusakan Plasenta Janin

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved