Breaking News:

1.000 Hari Pertama jadi Penentu Tumbuh Kembang Anak

Angka gizi kurang turun dari 19,8 persen ke 17,7 persen. Keberadaan anak stunting turun dari 37,8 persen menjadi 30,8 persen.

Editor: IKL
Mom Junction
Ternyata merangkak miliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang bayi. (Mom Junction) 

PROHABA.CO, JAKARTA - Praktisi kesehatan dr. Satrio Bhuwono Prakoso mengatakan 1.000 hari pertama menjadi penentu tumbuh kembang anak.

Tantangan terkait malnutrisi, menurutnya, harus menjadi perhatian khusus dari orangtua.

“1.000 hari pertama kehidupan anak (1.000 HPK), yaitu masa sejak anak dalam kandungan hingga berusia dua tahun adalah periode emas, penentu kecerdasan dan masa tumbuh kembang anak," ujar Satrio dalam webinar, Sabtu (27/11/2021).

Menurutnya perubahan antropometri (Berat Badan/ Tinggi Badan) pada anak terjadi dalam jangka waktu tertentu. Penentunya adalah genetik, nutrisi, hormon, kesehatan dan lingkungan.

Baca juga: Lem Lebah, Cara Baru yang Dianggap Efektif Mengatasi Penyakit Infeksi dan Degeneratif

Baca juga: Ririn Dwi Ariyanti Buktikan Kemampuannya Urus Anak

"Perkembangan anak tidak hanya perubahan pada fisik, tapi juga emosional, pikiran, dan linguistik anak yang terjadi sejak si kecil lahir hingga awal masa dewasanya nanti,” imbuh dia.

Saat ini, anak-anak Indonesia masih ada yang mengalami kekurangan gizi dan stunting, di sisi lain anak-anak juga mengalami obesitas (over malnutrition) karena pola diet dan konsumsi yang salah.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018 oleh Kementerian Kesehatan RI, gizi anak Indonesia berada dalam level bahaya, meski telah terjadi penurunan angka gizi buruk dan stunting.

Angka gizi kurang turun dari 19,8 persen ke 17,7 persen. Keberadaan anak stunting turun dari 37,8 persen menjadi 30,8 persen.

Regal Springs Indonesia menyadari pentingnya kebutuhan gizi yang seimbang bagi anak dan orang dewasa, sehingga hal itu menjadi salah satu program utama perusahaan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved