Harga Minyak Goreng Resmi Turun Mulai Hari Ini, Minyak Goreng Curah Rp 11.500 per Liter

Kemudian, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 13.500 per liter, sedangkan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp 14.000 per liter

Editor: IKL
Tribunnews/JEPRIMA
Pedagang saat menimbang minyak goreng curah di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022). Dalam artikel mengulas tentang harga minyak goreng di pasaran per 1 Februari 2022. 

PROHABA.CO - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberlakukan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah hingga minyak goreng kemasan premium.

Mulai hari ini, Selasa (1/2/2022), harga minyak goreng curah ditetapkan menjadi Rp 11.500 per liter.

Kemudian, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 13.500 per liter, sedangkan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp 14.000 per liter

Menteri Perdagangan (Mendag, Muhammad Lutfi, meminta pelaku industri minyak goreng (migor) mempercepat penyaluran minyak goreng dan memastikan tidak terjadi kekosongan stok di pasaran.

“Kemendag menginstruksikan produsen untuk mempercepat penyaluran migor serta memastikan tidak terjadi kekosongan di tingkat pedagang dan pengecer, baik di pasar tradisional maupun ritel modern,” kata Lutfi, dikutip Tribunnews.com dari Kemendag.go.id, Selasa (1/2/2022).

Mendag juga mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam membeli dan tidak memborong migor karena panik (panic buying).

Baca juga: Awas, Penimbun Minyak Goreng Bisa Dipidana 5 Tahun Penjara

Baca juga: Aprindo Beberkan Penyebab Minimnya Pasokan Minyak Goreng Murah ke Ritel

Pemerintah pun menjamin stok migor cukup dengan harga tetap terjangkau masyarakat luas.

“Pemerintah akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas bagi para pelaku usaha yang melanggar ketentuan,” ucapnya.

Sementara itu, Satgas Pangan Polri memastikan minyak goreng kemasan premium akan mulai berlaku harga baru pada Februari 2022.

Nantinya, seluruh minyak goreng akan berlaku satu harga sebesar Rp 14 ribu.

"Jadi kebijakan minyak goreng satu harga Rp 14 ribu untuk kemasan premium harus sudah masuk ke semuanya."

"Tanggal 1 Februari besok (hari ini) harus sudah masuk ke semua," tutur Kasatgas Pangan Polri, Irjen Pol Helmy Santika di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).

Selain itu, Helmy menuturkan harga minyak goreng curah nantinya juga akan diberlakukan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 11.500 per liternya, sebagaimana yang diberitakan Tribunnews.com.

"Pertama Rp 14.000 ribu pe rliter untuk kemasan premium, kedua kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan curah Rp 11.500 per liter," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved