Luar Negeri

Enigma, Berlian 555 Karat Terbesar di Dunia, Laku Rp 61,4 Miliar

Enigma, berlian potong 555 karat terbesar di dunia, laku 3,16 juta pounds (Rp 61,4 miliar) saat dilelang di London pada Rabu (9/2/2022) ...

Editor: Muliadi Gani
Enigma, Berlian 555 Karat Terbesar di Dunia 

PROHABA.CO, LONDON - Enigma, berlian potong 555 karat terbesar di dunia, laku 3,16 juta pounds (Rp 61,4 miliar) saat dilelang di London pada Rabu (9/2/2022) setelah dipamerkan untuk kali pertama.

Berlian hitam langka atau carbonado tersebut diyakini tercipta ketika meteorit atau asteroid menghantam Bumi lebih dari 2,6 miliar tahun lalu.

Berlian 555,55 karat itu laku 3,16 juta pounds, tidak termasuk premi pembeli, pada penjualan online yang diadakan oleh rumah lelang Sotheby’s yang terkenal di London.

Dikutip dari kantor berita AFP pada Kamis (10/2/2022), carbonado biasanya berasal dari luar Bumi.

“Diperkirakan bahwa jenis berlian hitamkhusus ini diciptakan baik dari dampak meteorik yang menghasilkan deposisi uap kimia alami atau berasal dari luar Bumi dari ledakan supernova yang membentuk asteroid bantalan berlian yang akhirnya bertabrakan dengan Bumi,” kata Sotheby’s.

Berlian itu, salah satu zat yang paling sulit dipotong, sebelumnya tidak pernah ditunjukkan oleh pemiliknya yang tidak disebutkan namanya selama 20 tahun terakhir.

Baca juga: Pria India Nekat Masuk Kandang Singa untuk Mengambil Berlian

Para ahli membutuhkan waktu tiga tahun untuk mengubah berlian kasar menjadi permata 55 sisi dan baru-baru ini dipamerkan di Dubai, Los Angeles, serta London.

Bentuknya terinspirasi dari simbol kekuasaan dan perlindungan berbentuk telapak tangan Timur Tengah, Hamsa, yang juga diasosiasikan dengan angka lima.

“Harga Enigma tidak cukup mencapai tingkat intergalaksi.

Tapi apa yang tidak dapat disangkal adalah Enigma berlian tak tertandingi,” kata Tobias Kormind, direktur pengelola toko perhiasan online terbesar di Eropa, Mayfair.

“Ukuran, bentuk, dan sumber berlian Enigma membuatnya menjadi terobosan dan menakjubkan,” tambahnya.

Baca juga: Material Paling Kuat di Dunia, Berlian Tidak Masuk 5 Besar

Kebanyakan berlian dipotong menjadi salah satu dari 10 bentuk popular, tetapi bentuk Enigma menyerupai tangan.

Enigma bukanlah berlian berkualitas permata dan carbonado biasanya tidak digunakan dalam perhiasan atau dijual di pelelangan, tetapi semakin populer belakangan ini.

Mereka biasanya digunakan dalam pengeboran industri karena kekerasannya yang luar biasa.

Menjelang penjualan Enigma, Sotheby’s menyebut berlian itu sebagai keajaiban kosmik, yang juga menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

Tahun lalu di Hong Kong, berlian Key 10138 dijual seharga 12,3 juta dolar yang dibayarkan dalam mata uang kripto. (Kompas.com)

Baca juga: Pura-pura Jadi Petugas PLN, Pemuda di Cilandak Curi Brankas dan Berlian

Baca juga: Sindikat Penipuan Berlian Palsu Diringkus Polisi, Korbannya Penumpang Pesawat

Baca juga: KPK Selisik Pemotongan Uang Pegawai oleh Wali Kota Bekasi

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved