Rusia vs Ukraina

Demi Atasi Gangguan Pangan Dunia, Kanada Bantu Ukraina Agar Bisa Ekspor Gandum Lagi

Kanada akan membantu Ukraina agarbisa mengekspor lagi biji-bijian untuk bantu mengatasi gangguan keamanan pangan global akibat invasi Rusia ke Ukraina

Editor: IKL
realnoe vremya
Panen Gandum di Rusia 

PROHABA.CO, OTTAWA - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, Kanada akan membantu Ukraina agarbisa mengekspor lagi biji-bijian untuk membantu mengatasi gangguan keamanan pangan global akibat invasi Rusia ke Ukaina.

Seorang pejabat pangan PBB mengungkapkan hampir 25 juta ton biji-bijian tidak dapat dikirimkan ke luar Ukraina, karena adanya tantangan infrastruktur dan pelabuhan Laut Hitam termasuk Mariupol telah ditutup.

Mariupol, kota yang terletak di sebelah selatan Ukraina, telah mengalami kerusakan akibat serangan pasukan Rusia.

Dikutip dari situs Reuters.com, menyusul invasi Rusia ke Ukraina, harga pangan global telah meroket ke rekor tertinggi pada Maret lalu.

Ukraina merupakan pengeskpor jagung nomor empat di dunia pada musim 2020/2021, dan pengekspor gandung terbesar keenam di dunia.

Dalam sebuah wawancara, Trudeau mengatakan untuk mencegah krisis pangan, perlunya memastikan agar Rusia tidak mencegah pengiriman biji-bijian dari Ukraina.

“Kami tahu orang-orang di seluruh dunia akan kelaparan karena tindakan Rusia. Ada biji-bijian yang menunggu untuk dikirim di Ukraina. Kita harus memastikan bahwa Rusia tidak mencegah biji-bijian yang dibutuhkan dunia keluar ke dunia.” kata Trudeau.

Baca juga: Rusia Gempur Pabrik Baja Azovstal

Baca juga: Rusia Simulasikan Serangan Nuklir Melenyapkan Inggris

Sejak invasi Rusia dimulai, Ukraina terpaksa mengekspor gandum menggunakan kereta api yang melewati perbatasan baratnya. Selain itu, Ukraina juga mencari cara untuk menggunakan pelabuhan di sungai Danube, yang terletak di selatan negara tersebut.

Trudeau menambahkan, pengiriman melalui pelabuhan di sungai Danube dapat menjadi bagian dari solusi ekspor Ukraina. Dia juga mengatakan, sejumlah opsi sedang dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan ekspor Ukraina.

“Kami hanya mencari untuk memecahkan masalah yang sangat langsung,” katanya.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly pada Senin (9/5/2022) kemarin mengatakan, bekerja sama dengan Turki dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan gandum dari Ukraina.

“Kami akan bekerja untuk memastikan bahwa ada rute yang berbeda yang dapat digunakan. Kami akan bekerja dengan berbagai negara, termasuk Turki, seperti yang kami ketahui bahwa Bosphorus adalah dasar akses Laut Hitam,” ujarnya.

Setelah pertemuannya dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy pada hari Minggu kemarin, Trudeau mengatakan Kanada akan menyediakan dana sebesar 25 juta dolar AS untuk Program Pangan Dunia PBB, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat keamanan pangan global. Kanada juga akan menghapus tarif perdagangan semua impor Ukraina ke Kanada untuk tahun depan. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com, https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/10/kanada-bantu-ukraina-agar-bisa-ekspor-gandum-lagi-demi-atasi-gangguan-pangan-dunia

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved