Honorer Dihapus 2023 Begini Pendapat Pakar

Tenaga honorer di instansi pemerintah akan dihapus mulai 28 November 2023 mendatang ...

Editor: Muliadi Gani
KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN
Aksi guru honorer adalah di SMA/SMK di Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara dan DPRD menuntut gaji mereka yang sudah 8 bulan segera dibayarkan, Senin (20/12/2022). Apa itu honrer? Pegawai honorer adalah pekerja instansi pemerintah yang berstatus non-PNS dan non-PPPK. 

PROHABA.CO - Tenaga honorer di instansi pemerintah akan dihapus mulai 28 November 2023 mendatang.

Hal ini sesuai kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang tercantum dalam Surat Menteri PAN-RB tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Menanggapi kebijakan tersebut, pakar Kebijakan Publik Universitas Airlangga (Unair) Falih Suaedi menilai kebijakan ini mempunyai nilai positif untuk jangka panjang.

Menurutnya, regulasi tersebut akan mempermudah pemerintah dalam menganalisis kebutuhan riil pegawai secara kualitatif dan kuantitatif.

Kebijakan tersebut perlu solusi kreatif Dia mengatakan, fenomena ini harus direspons dengan solusi kreatif.

Baca juga: Pemerintah Hapus Pegawai Honorer Mulai 28 November 2023

Baca juga: Ratusan CPNS Mundur karena Gaji Kecil

"Memang proses seleksi dan rekrutmen pegawai honorer dulu sangat beragam karena masing-masing instansi menyelenggarakan," urai Falih Suaedi seperti dikutip dari laman Unair, Kamis (9/6).

Dia menerangkan, pegawai honorer yang ada saat ini sebaiknya dipetakan dari aspek lama mengabdi, umur, pendidikan, dan prestasi kerja.

"Apabila lama mengabdi sudah lebih dari lima tahun, umur masih memenuhi syarat masuk PNS, pendidikan yang relevan serta prestasi kerja yang baik, maka yang bersangkutan layak untuk mendapatkan poin 30 persen.

Sisanya yang 70 persen tergantung dari hasil tes, baik untuk PNS maupun P3K," imbuhnya.

Dia menambahkan, Pejabat Pembinaan Kepegawaian (PKK) juga diminta untuk merancang langkah strategis terkait penyelesaian pegawai non-ASN yang tidak memenuhi syarat dan tidak lulus seleksi CPNS sebelum batas waktu 28 November 2023.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved