Wamenag Minta Polisi Usut Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi menyerahkan kasus foto stupa Candi Borobudur yang diubah mirip wajah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ...

Editor: Muliadi Gani
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi saat diperkenalkan Presiden RI, Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Joko Widodo melantik 12 orang wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi menyerahkan kasus foto stupa Candi Borobudur yang diubah mirip wajah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke pihak Kepolisian untuk didalami.

"Saya menyerahkan kepada pihak Kepolisian untuk mendalami masalah tersebut dan mengusut semua pihak yang terlibat untuk selanjutnya diproses hukum sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku," kata Zainut dalam keterangan tertulis, Jumat (17/6/2022).

Zainut juga meminta setiap masyarakat tidak menjadikan simbol agama sebagai bahan olokan atau guyonan.

Pasalnya, hal itu dapat melukai perasaan umat beragama yang bersangkutan.

Ia juga mengatakan, perbuatan tersebut dapat dikatagorikan sebagai perbuatan SARA.

"Apa pun alasannya tindakan tersebut tidak etis dan tidak dibenarkan oleh agama dan peraturan perundang-undangan," tuturnya.

Baca juga: Meski Sudah Minta Maaf, Dharmapala Nusantara Tetap Polisikan Roy Suryo ke Polda

Menurut dia, kebebasan menyampaikan pendapat, kritik, maupun saran sebaiknya dilakukan dengan cara yang santun, bijak dan menghormati etika.

Kegiatan menyampaikan pendapat, kata dia, jangan dilakukan dengan cara yang sarkastik dan melanggar norma susila, hukum dan agama.

Selain itu, Zainut mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial.

"Jangan cepat memposting atau menyebarkan berita, baik berita yang berupa foto, video, meme atau konten narasi yang mengandung ujaran kebencian, fitnah dan SARA," ucap dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved