Tahukah Anda

Apa Saja Kandungan dan Manfaat Ganja Medis?

Ganja medis adalah istilah turunan dari tanaman ganja yang memiliki manfaat terhadap kesehatan, tidak hanya sekadar untuk rekreasi ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO KOLASE Kompas.com/Dok Prohaba
Santi Warastuti warga asal Kabupaten Sleman, Yogyakarta nekat datang ke area Car Free Day (CFD) Jakarta Minggu (26/6/2022 membawa poster sebagai aksi untuk mendapat izin penggunaan ganja untuk medis. 

PROHABA.CO - Ganja medis adalah istilah turunan dari tanaman ganja yang memiliki manfaat terhadap kesehatan, tidak hanya sekadar untuk rekreasi.

Ganja medis adalah istilah yang merujuk pada bahan kimia utama dari yang digunakan dalam pengobatan, yaitu delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) dan cannabidiol (CBD).

Selama ribuan tahun, ganja digunakan sebatas untuk rekreasi, tetapi dengan perkembangan penelitian ditemukan manfaat kesehatan dari ganja ini.

Dikutip dari WebMD, tanaman ganja mengandung lebih dari 100 bahan kimia berbeda yang disebut cannabinoids.

Masing-masing memiliki efek yang berbeda pada tubuh.

Dokter adiksi dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN) Jakarta dr Hari Nugroho mengatakan, ganja medis berbeda dengan ganja ilegal untuk rekreasi saja, jadi masyarakat sebaiknya jangan salah persepsi.

Para peneliti sampai saat ini terus mencari tahu apakah benar ganja medis itu betul-betul bermanfaat untuk kesehatan dan jika memang bisa menjadi obat, kemudian penyakit- penyakit apa yang bisa disembuhkan dengan ganja medis tersebut.

Baca juga: Menkes akan Keluarkan Regulasi Peluang Riset Ganja untuk Medis

“Tapi, ini masih terus diteliti dan saat ini, terutama dokter harus mematuhi kode etik kedokteran, di mana anjuran penggunaan ataupun pemberian obat apa pun termasuk ganja medis harus ada evidence based (bukti ilmiah)-nya,” kata Hari kepada Kompas. com, Rabu (29/6/2022).

Berikut beberapa hal yang diketahui mengenai kandungan dalam ganja medis dan manfaatnya sejauh ini.

Mengutip Vereywell Health, ganja medis memiliki manfaat kesehatan karena mengandung dua senyawa kimia alami utama dengan sifat obat, yaitu Tetrahydrocannabinol (THC) dan Cannabidiol (CBD).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved