Luar Negeri

Potret Diri Van Gogh Ditemukan, Tersembunyi di Balik Lukisannya

Seusai melakukan pemindaian pada lukisan karya Vincent van Gogh, mereka menemukan potret diri pelukis itu, tersembunyi di balik lukisan ...

Editor: Muliadi Gani
IMAGE CREDIT: NEIL HANNA
Lukisan 'Head of a Peasant Woman' dan potret diri Van Gogh. 

PROHABA.CO, SKOTLANDIA - Konservator di Galeri Nasional Skotlandia baru-baru ini mendapatkan sebuah kejutan yang tak diduga sebelumnya.

Seusai melakukan pemindaian pada lukisan karya Vincent van Gogh, mereka menemukan potret diri pelukis itu, tersembunyi di balik lukisan 'Head of a Peasant Woman' yang diselesaikannya pada tahun 1885.

Menariknya, potret diri ini merupakan potret diri sang pelukis Belanda yang sebelumnya tak diketahui.

Dikutip dari Live Science, Selasa (19/7/2022) potret diri yang tersembunyi ini telah dikaburkan oleh lapisan lem dan karton yang telah ditempelkan di bagian belakang kanvas.

Pihak museum menduga bahan-bahan tersebut diaplikasikan sekitar awal abad ke-20 untuk membantu melindungi karya seni untuk pameran yang akan datang.

"Kami tak berharap banyak dari lukisan kecil sederhana itu saat melakukan pemindaian.

Baca juga: Seorang Dokter Ungkap Misteri Pahit dalam Senyum Monalisa

Namun, kami melihat timah putih, pigmen yang jauh lebih berat yang digunakan Van Gogh untuk wajahnya, muncul setelah sinar-X menembus karton," terang Lesley Stevenson, konservator lukisan senior museum.

Van Gogh sendiri melukis 'Head of a Peasant Woman' sebagai bagian dari serangkaian karya yang berfokus pada penduduk kelas pekerja Nuenen, komunitas pertanian kecil di bagian selatan Belanda.

Tempat itu merupakan tempat tinggalnya pada tahun 1880-an.

Sementara, wanita dalam lukisan itu adalah Gordina de Groot, seorang pekerja pertanian.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved