Kebakaran di Aceh Besar

Pesantren Tahfiz Baitul Quran Terbakar, Pj Bupati Aceh Besar Instruksikan Dinas Terkait Gerak Cepat

Pesantren Tahfiz Baitul Quran, di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Minggu (24/4/2022) sore kemarin, sekitar pukul 16.15 WIB

Editor: Misran Asri
DOK BPBD Aceh Besar
Petugas saat sedang memadamkan api dalam kebakaran yang melanda Pesantren Tahfiz Baitul Quran, di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar pada Minggu (24/7/2022) sore, sekitar pukul 16.30 WIB. 

Kebakaran Pesantren Tahfiz Baitul Quran, di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Minggu (24/4/2022) sore kemarin, sekitar pukul 16.15 WIB, mendapat perhatian Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM.

Laporan Indra Wijaya | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Kebakaran Pesantren Tahfiz Baitul Quran, di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Minggu (24/4/2022) sore kemarin, sekitar pukul 16.15 WIB, mendapat perhatian Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM.

Putra Blangbintang yang sebelumnya memangku jabatan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Aceh itu menginstruksikan dinas terkait atau organisasi perangkat daerah (OPD) bergerak cepat membantu menanganinya. 

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil, SSos, MSi, menindaklanjuti perintah Pj Bupati Aceh Besar. 

"Kepada Kadisdukcapil Aceh Besar agar segera berkoordinasi dengan UPTD Kependudukan Darussalam serta keuchik dan petugas registrasi gampong untuk mendata dan mencetak ulang jika ada dokumen kependudukan milik santri Dayah Tahfidz Baitul Quran yang ikut terbakar," imbuhnya.   

Sementara itu, Kadis Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil menambahkan, pihaknya segera turun ke lokasi musibah untuk menyerahkan bantuan masa panik.

Bantuan yang berasal dari dana APBK meliputi, beras 6 sak, minyak goreng 8 liter, sarden 40 kaleng, kain sarung 20 lembar, baju Koko 20 lembar, mi instan 6 dus, gula 6 kg, dan sajadah 20 lembar.

Baca juga: Rentetan Kebakaran Terjadi di Aceh Besar, Giliran Pesantren Tahfiz Baitul Quran Dimangsa Api

Adapun bantuan yang berasal dari dana APBA, meliputi air mineral 6 dus, biskuit 36 kaleng, sambal 40 biji, kecap 40 biji, baju koko 10 lembar, sajadah 10 lembar, dan pisau dapur 4 buah. 

"Bantuan dari APBN meliputi family kit 5 buah, makanan anak 5 buah, tenda gulung 2 buah, makanan siap saji 10 paket, lauk pauk 10 paket, dan selimut merah 20 helai," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya Pesantren Tahfiz Baitul Quran yang berada di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Minggu (24/7/2022) sore kemarin, sekitar pukul 16.30 WIB, terbakar.

Dari musibah kebakaran pesantren itu bilik santri yang berada di dalam Kompleks Masjid Jamik Baitul Jannah habis terbakar dan tidak bisa ditempati lagi.

Tak ada satu pun barang yang mampu diselamatkan. Bangunan berkontruksi permanen itu mengalami rusak berat.

Musibah kebakaran tersebut itu terjadi saat para santri sedang melaksanakan shalat ashar.

Baca juga: Kebakaran Kembali Terjadi di Aceh Besar, Dua Rumah Warga Lamsiteh Terbakar, Satu Rata dengan Tanah

Dari kebakaran pesantren itu dilaporkan asrama yang dihuni 16 santri habis terbakar. Tak ada barang yang mampu diselamatkan dari peristiwa itu.

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, seluruh pakaian dan barang pribadi milik santri hangus dilalap si jago merah.

"Api baru dapat dipadamkan oleh Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Besar dan pemadam Kota Banda Aceh sekitar pukul 18.00 wib," kata Ridwan.

Setidaknya empat armada Aceh Besar dan Banda Aceh dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api tersebut.(*)

Baca juga: Petugas Pemadam Selamatkan Kebakaran Toko di Punie, Aceh Besar, Berawal dari Teriakan Anak  

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Asrama Santri Tahfidz Baitul Quran Siem Aceh Besar Terbakar, 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved