Kasus Penembakan Polisi

Dinonaktifkan dari Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo Kini isi Jabatan Kasatgassus Polri

Irjen Pol Ferdy Sambo yang dinonaktifkan dari Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri sejak Senin (18/7/2022) lalu..

Editor: Misran Asri
Kolase Tribunnews
Irjen Pol Ferdy Sambo 

Irjen Pol Ferdy Sambo yang dinonaktifkan dari Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri sejak Senin (18/7/2022) lalu. Ternyata kini, Irjen Pol Ferdy Sambo mengisi jabatan strategis sebagai Kepala Satuan Tugas Khusus (Kasatgassus) Polri.

PROHABA.CO - Irjen Pol Ferdy Sambo yang dinonaktifkan dari Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri sejak Senin (18/7/2022) lalu.

Ternyata kini, Irjen Pol Ferdy Sambo mengisi jabatan strategis sebagai Kepala Satuan Tugas Khusus (Kasatgassus) Polri.

Jabatan tersebut pernah diisi sebelumnya oleh Irjen Ferdy Sambo semasa Kapolri Jenderal Idham Azis. Sementara Listyo Sigit masih menjabat Kabareskrim Polri.

Setelah Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kapolri, Ferdy Sambo pun menjabat sebagai Kadiv Propam Polri dan juga menjabat Kasatgassus Polri.

Pengangkatan kembali Ferdy Sambo sebagai Kasatgassus Polri sesuai dengan Surat Perintah (Sprin) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan Nomor: Sprin/1583/VII/HUK.6.6./2022 yang diteken per 1 Juli 2022.

Jabatan khusus Irjen Ferdy Sambo ini pun menuai sorotan pada saat ini, di antaranya Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid.

Baca juga: Kapolri Resmi Menonaktifkan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, Ini Alasan yang Terungkap

Hal itu dianggap dapat mengganggu proses pengungkapan perkara tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Pasalnya, beberapa anggota Satgassus Polri disebutnya juga bertugas sebagai tim penyidik perkara polisi tembak polisi itu.

“Dengan kata lain ada potensi konflik kepentingan dari posisi Ferdy Sambo yang jika benar masih menjabat (sebagai Kepala Satgassus),” tutur Usman dalam konferensi pers di kantor Indonesia Corruption Watch, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2022).

Sebelumnya, Ferdy dinonaktifkan sebagai Kadiv Propam Polri pada 18 Juli 2022 sebagai buntut dari insiden tewasnya Brigadir J.

Usman lantas mempertanyakan apakah penonaktifan Ferdy sebagai Kadiv Propam juga diikuti penonaktifannya pada tugas yang lain.

“Kita ingin mempertanyakan apakah FS (Ferdy Sambo) ini masih menduduki jabatan (Kasatgassus) ini? Kalau tidak tentu kan menjawab kekhawatiran adanya kendala hierarkis yang bisa melemahkan optimalisasi pengawasan internal di kepolisian,” sebutnya.

Apapagi dari Sprin yang diterima Kompas.com itu, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E yang diduga menjadi penembak Brigadir J, juga menjadi anggota dari Satgassus tersebut.

Baca juga: Komnas HAM Temukan Jam Kematian Brigadir J

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved