Kesehatan

Dampak Makan Daging Merah Berlebihan bagi Tubuh, Sembelit hingga Kolesterol

Namun, konsumsi yang dilakukan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk dalam mengonsumsi protein hewani yang berasal dari dag

Editor: IKL
wikihow.com
Daging kambing. Protein merupakan nutrisi penting untuk tubuh dalam pemenuhan kalori, memperbaiki sel-sel rusak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.konsumsi yang dilakukan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk dalam mengonsumsi protein hewani yang berasal dari daging merah seperti daging kambing maupun sapi. 

PROHABA.CO, JAKARTA -- Protein merupakan nutrisi penting untuk tubuh dalam pemenuhan kalori, memperbaiki sel-sel rusak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, konsumsi yang dilakukan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk dalam mengonsumsi protein hewani yang berasal dari daging merah seperti daging kambing maupun sapi.

Adapun kebutuhan asupan protein dalam sehari sekitar 2 porsi atau setara dengan 100 gram.

Protein tersebut bisa didapat dari sumber hewani seperti daging merah, ikan, susu, keju, dan telur serta sumber hewani dari tanaman kacang-kacangan.

Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM), Dr. Susetyowati, DCN., M.Kes., menyampaikan, konsumsi protein yang berlebih berisiko menyebabkan gangguan lemak dalam darah atau dislipidemia.

“Direkomendasikan konsumsi protein dalam sehari sekitar 50-100 gram, jangan sampai berlebih karena bisa mengakibatkan dislipidemia,” tegasnya seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (13/8/2022).

Kecenderungan untuk mengonsumsi daging sapi dan kambing dalam jumlah besar banyak perlu diwaspadai terutama bagi yang memiliki persoalan kolesterol.

Pasalnya, makan daging merah dalam porsi berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Namun begitu, pada orang yang tidak memiliki masalah kolesterol pun harus tetap menjaga asupan daging merah karena konsumsi berlebih bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit.

Baca juga: Penting bagi Ibu Hamil, Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Menunjang Perkembangan Janin

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Payudara Jika Dikonsumsi Berlebihan

“Dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi faktor pemicu terjadinya penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya,”ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved