Menggenakan Gaun Mirip Ratu Kerajaan Thailand, Aktivis Ditangkap saat Melancarkan Demo

Jatuporn Saeoueng (25) seorang aktivis Thailand ditangkap karena mengenakan gaun merah muda mirip ratu kerajaan Thailand ada demonstrasi politik di Ba

Editor: Misran Asri
Weekly Times
Raja Thailand saat mengangkat seorang mantan pramugari menjadi ratu. 

Jatuporn Saeoueng (25) seorang aktivis Thailand ditangkap karena mengenakan gaun merah muda mirip ratu kerajaan Thailand ada demonstrasi politik di Bangkok pada tahun 2020 lalu.

PROHABA.CO - Jatuporn Saeoueng (25) seorang aktivis Thailand ditangkap karena mengenakan gaun merah muda mirip ratu kerajaan Thailand ada demonstrasi politik di Bangkok pada tahun 2020 lalu.

Aktivis Thailand itu pun membantah tuduhan penghinaan terhadap kerajaan, dengan mengatakan dia baru saja mengenakan pakaian tradisional itu.

Tetapi Thailand memiliki undang-undang yang sangat ketat yang secara efektif melarang kritik terhadap raja dan bangsawan lainnya.

Sejak Raja Maha Vajiralongkorn naik takhta pada 2019, kelompok hak asasi mengatakan pihak berwenang semakin menerapkan undang-undang lese-majeste untuk meredam gerakan protes yang menuntut reformasi monarki yang kuat.

Sejak November 2020, setidaknya 210 pengunjuk rasa telah didakwa dengan pelanggaran lèse-majesté, setelah periode tiga tahun di mana hukum tidak ditegakkan sama sekali, kata kelompok hukum Thailand.

Kelompok hak asasi manusia mengecam keras putusan pengadilan pada hari Senin.

Dilansir dari BBC, Jaturpon dijatuhi hukuman tiga tahun tetapi hukumannya segera dikurangi menjadi dua tahun.

Dia telah menghadiri protes pada tahun 2020 sebagai penampil yang mengenakan gaun sutra merah muda formal, di mana dia berjalan di karpet merah ditemani oleh seorang petugas yang memegang payung di atas kepalanya.

Istri raja, Ratu Suthida, sering memakai busana sutra formal untuk acara-acara publik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved