Tiga Polres, Dua Polda Kerja Sama Ringkus 4 Pelaku Pencurian di Gudang Kopi & Alat Excavator

Polres Bener Meriah mengungkap kasus pencurian senilai Rp 950 juta melibatkan 8 tersangka dan ikut ditahan di Polres Bireuen, karena melakukan kejahat

Editor: Misran Asri
Net
Ilustrasi pencurian - Polres Bener Meriah mengungkap kasus pencurian senilai Rp 950 juta melibatkan 8 tersangka dan ikut ditahan di Polres Bireuen, karena melakukan kejahatan yang sama di kabupaten itu. 

Polres Bener Meriah mengungkap kasus pencurian senilai Rp 950 juta melibatkan 8 tersangka dan ikut ditahan di Polres Bireuen, karena melakukan kejahatan yang sama di kabupaten itu.

PROHABA.CO, REDELONG - Polres Bener Meriah mengungkap kasus pencurian senilai Rp 950 juta melibatkan 8 tersangka dan ikut ditahan di Polres Bireuen, karena melakukan kejahatan yang sama di kabupaten itu.

Pencurian tersebut terjadi di dua lokasi berbeda, yakni gudang kopi milik Muhamad Rasyid di Kampung Purwosari, Kecamatan Bandar, Bener Meriah, Senin (12/9/2022) lalu serta pencucian alat excavator yang terjadi di Kampung Rusip, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, Rabu (14/9/2022) lalu.

Pengungkapan kasus pencurian tersebut melibatkan tiga Polres, masing-masing Polres Bener Meriah, Polres Bireuen dan Polres Batu Bara, Polda Sumatera Utara serta Ditreskrimum Polda Aceh.

Demikian dijelaskan Kapolres Bener Meriah, AKBP Indra Novianto SIK, saat konferensi pers, di Mapolres setempat, Kamis (29/9/2022).

Kapolres mengatakan, pencurian tersebut terjadi di dua lokasi yang berbeda.

Untuk pencurian uang senilai Rp 700 juta terjadi di gudang kopi milik Muhamad Rasyid, di Kampung Purwosari, Kecamatan Bandar, Bener Meriah, pada Senin (12/9/2022) lalu.

Sementara untuk kasus pencucian alat excavator yang nilai kerugiannya mencapai Rp 250 juta terjadi di Kampung Rusip, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, pada Rabu (14/9/2022) lalu.

Baca juga: Maraknya Aksi Pencurian, Perangkat Desa Pasang Spanduk Sayembara Tangkap Maling Berhadiah Rp 1 Juta

Baca juga: Sindikat Perampok dari Palembang Dibekuk, Terlibat Pencurian Uang Dayah MUDI Samalanga

Baca juga: Pria Lembah Seulawah Ditangkap Simpan Senpi, Awalnya Polres Aceh Besar Selidiki Kasus Pencurian

“Jadi dua kasus ini merupakan tindak pidana pencurian jika digabungkan nilai kerugiannya Rp 950 juta,” kata Kapolres AKBP Indra Novianto.

Dia menjelaskan, Polres Bener Meriah saat ini menahan satu tersangka berinisial RJ (40) warga Desa Kuta, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian uang senilai Rp 700 juta.

Selain RJ pencurian uang di Purwosari juga melibatkan HA (33) AN (31) dan AB (59).

Namun, ketiganya saat ini ditahan di Polres Bireuen, karena para pelaku itu juga melakukan tindak pidana yang sama di wilayah Hukum Polres Bireuen.

“Pelaku ditangkap pada hari Selasa, 13 September 2022 lalu, sekitar pukul 15.00 WIB, di wilayah hukum Polres Batu Bara, Sumatera Utara,” kata Indra Novianto.

Kemudian, tersangka RJ dan barang bukti uang senilai Rp 610 juta yang keseluruhannya uang kertas seratus ribu rupiah.

Lalu, satu sepeda motor Yamaha Vixion dengan nomor Polisi BL 3405 KAG, dua helm dan satu tas ransel biru diserahkan ke Polres Bener Meriah.

Baca juga: Residivis Kasus Pencurian Bunuh Istri Sirinya yang Tengah Hamil 3 Bulan, Terbongkar Setelah 5 Bulan

Untuk yang diduga sebagai pelaku pencurian alat excavator, Polres Bener Meriah menangkap empat tersangka, yakni JN (21) dan WR (19) keduanya warga Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, SI (26) warga Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan SF (28) warga Kecamatan Deleng Opisen, Aceh Tenggara.

Ke empat tersangka dan barang bukti saat ini sudah diamankan Satuan Reskrim Polres Bener Meriah.

Pelaku pencurian itu disangkakan Pasal 363 KUHPidana, jelas Indra Novianto.(*)

Baca juga: Pencurian Pecah Kaca Mobil Terjadi di Kedai Kopi Sunter, Aksi itu Dilakukan Pemotor & Terekam CCTV

Baca juga: Polres Samosir Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Hewan Ternak, 4 Kerbau Diamankan

Baca juga: Lerai Perkelahian, Petani Tewas Ditikam, Berawal dari Pencurian Hp

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Polisi Ungkap Kasus Pencurian, Nominal Kerugian Hampir Rp 1 Miliar, 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved