Universitaria

Presiden Tetapkan 5 PTN BH Baru 2022, Berikut Daftarnya

Kelima PTN BH tersebut adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Negeri Semarang (Unnes), ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO USK
Kampus Universitas Syiah Kuala 

PROHABA.CO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan lima kampus negeri menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) di penghujung tahun 2022.

Kelima PTN BH tersebut adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Universitas Terbuka.

Penetapan tersebut tertuang dalam 5 Peraturan Pemerintah (PP) mulai nomor 36 hingga 39 untuk per masing-masing PTN pada Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum yang diteken Presiden Joko Widodo.

Dengan ini, Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum.

Perubahan status dari PTN-BLU ke PTN-BH membuat seluruh perguruan tinggi ini semakin memiliki otoritas, kemandirian manajerial di bidang aset, keuangan dan sumber daya manusia.

Sebab saat PTN masih berstatus BLU atau Satuan Kerja Kementerian (Satker), memiliki batasan sehingga PTN tidak bisa berlari cepat seperti perguruan tinggi di luar negeri yang bisa mengelola sumber daya kampusnya sendiri.

Baca juga: Menuju PTN-BH, Universitas Syiah Kuala Perbaiki Sistem Manajemen Risiko

Proses perguruan tinggi dari BLU menjadi PTN BH cukup panjang.

Kelima PTN ini diketahui beberapa kali terlibat dalam forum diskusi bersama membahas kesiapan PTN BH.

Meski, masing-masing kampus memiliki waktu persiapan yang berbeda-beda.

Seperti UNY, yang sudah mempersiapkan dokumen menuju PTN BH kampusnya mulai tahun 2019.

Namun karena pandemi Covid 19, UNY kembali mengusulkan dokumen PTN BH pada 14 September 2021 dan awal tahun 2022 dokumen pengusulan sampai di meja Sekretariat Negara.

Sementara USK, kini menjadi satu-satunya PTN BH di Aceh.

Namun secara skala pulau, di Pulau Sumatera selain USK ada Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang yang telah berstatus PTN BH.

Dengan status PTN BH ini, USK segera merampungkan Peraturan Rektor tentang Senat Akademik Universitas (SAU) dan Peraturan Rektor mengenai Majelis Wali Amanah (MWA).

Baca juga: Unesa Pecahkan Rekor MURI, Tanda Tangan MoU Terbanyak

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved