Breaking News:

Ratusan Ribu Bungkus Rokok Bermasalah Diamankan

Sebanyak 346.350 bungkus rokok bermasalah diamankan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumut dari dua gudang di Medan

Ratusan Ribu Bungkus Rokok Bermasalah Diamankan
Petugas Bea dan Cukai menyusun rokok hasil sitaan, di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean, Belawan, Sumut, Selasa (21/5). Pihak Bea dan Cukai menyita 346.350 bungkus rokok berbagai merk yang dipasang pita cukai ilegal. ANTARA /Irsan Mulyadi
MEDAN - Sebanyak 346.350 bungkus rokok bermasalah diamankan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumut dari dua gudang di Medan. Bila beredar, rokok yang tak memiliki pita cukai itu berpotensi merugikan negara Rp 340 juta.

Kepala Seksi Penindakan dan Pencegahan Kanwil DJBC Sumut, Ogy Febri Adlha, Selasa (21/5) ketika memaparkan kasus itu menyebutkan seluruh rokok itu ditangkap dalam dua operasi terpisah. Awalnya pada 15 April petugas hanya mengamankan tiga mobil box di gudang UD Subur Jaya di Komplek Pergudangan Malindo KIM Mabar, Medan. Total rokok yang diamankan kata Ogy sebanyak 89.370 bungkus.

“Ada sembilan merek rokok yang diamankan. Nilai nominal yang diamankan ini Rp 450 juta dengan potensi kerugian negara Rp 90 juta,” kata Ogy.

Selanjutnya pada 14 Mei, petugas menemukan aktivitas serupa di gudang CV Putra Mandiri Pratama di Jalan Letjen Sudjono, Gang Bantan, Medan Tembung. Di lokasi ini ditemukan dua truk yang berisi penuh beragam rokok dengan nilai mencapai Rp 1,2 miliar dan berpotensi merugikan negara Rp 250 juta.

“Jadi total rokok yang disita ini seharga Rp 1,6 miliar, dan ada potensi kerugian negara Rp 340 juta dalam praktik ini,” tandasnya.

Dijelaskannya seluruh rokok itu menggunakan pita cukai yang tidak sesuai peruntukkan. Ia mencontohkan umumnya rokok berisi 20 batang dalam setiap bungkusnya menggunakan pita cukai rokok 12 batang. “Jadi ada kekurangan delapan batang rokok,” ujarnya.

Sejauh ini Bea dan Cukai masih terus mendalami penyelidikan untuk mengungkap sudah sejauh apa mekanisme kejahatan ini. Upaya lain yang dilakukan menagih kekurangan pita cukai itu kepada produsen ataupun distributor rokok yang diamankan itu.(mad)
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved