Breaking News:

Wihni Bakong Diamuk Api

Musibah kebakaran menghanguskan lima unit rumah warga di Kampung Wihni Bakong, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah

* Lima Rumah Hangus

TAKENGON – Musibah kebakaran menghanguskan lima unit rumah warga di Kampung Wihni Bakong, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (24/11) petang, sekira pukul 17.00 WIB. Akibat kejadian tersebut, tujuh kepala keluarga (KK) yang menghuni rumah tersebut, terpaksa mengungsi ke tenda darurat yang dibangun di kampung itu. 

Sekretaris Desa (Sekdes) Kampung Wihni Bakong, R Syuhada yang ditemui, Senin (25/11) mengatakan, ketika musibah kebakaran itu terjadi, sebagian besar pemilik rumah sedang tidak berada di tempat. “Pemilik rumah, ketika kebakaran terjadi sebagian masih berada di kebun. Ada juga yang pergi ke Kota Takengon, untuk belanja. Apalagi kemarin, kan Hari Minggu sehingga banyak penghuni rumah banyak yang tidak di tempat,” kata Syuhada. 

Dijelaskan, rumah yang hangus terbakar sebanyak lima unit, diantaranya milik Sulaiman, Abdul Muthalib, Zulkifli, Sadar Sahdi dan Nurhayati. Bahkan sebagian besar harta benda milik korban ikut hangus terpanggang dalam musibah. “Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, selain bangunan rumah juga banyak barang-barang milik korban yang tidak berhasil diselamatkan. Belum lagi surat-surat penting seperti ijazah serta surat kendaraan ikut terbakar. Termasuk uang milik salah seorang korban sebesar Rp 2.100.000 ikut dilahap api,” jelasnya. 

Ketika ditanya asal api yang menghanguskan lima rumah berkontruksi kayu di kampung tersebut, Syuhada, mengaku tidak mengetahui persis penyebab musibah kebakaran tersebut. Namun demikian, ia mengatakan bahwa sumber api terlihat awalnya dari rumah milik Nurhayati. “Kami tidak tahu persis apa penyebab kebakaran itu karena memang ketika kejadian semua peghuni rumah tidak di tempat. Apalagi api dengan cepat menjalar hingga menghanguskan kelima rumah tersebut,” ungkap Sekdes Wihni Bakong ini. 

Berdasarkan amatan Prohaba, sehari paska musibah kebakaran itu terjadi, Pemkab Aceh Tengah, langsung menerjunkan satu unit alat berat jenis beku untuk membersihkan puing-puing kebakaran. “Puing-puing kebarakan ini, sudah selesai dibersihkan. Sedangkan para korban kebakaran untuk sementara ditampung di tenda pengungsian yang dibangun oleh pihak BPBD kemarin malam,” pungkas Syuhada.(c35)
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved