Breaking News:

Bus Royal Terjun di Tikungan Seulawah

Kecelakaan bus penumpang kembali merenggut korban jiwa. Kali ini, bus Royal BL 7309 AA yang mengangkut 34

* Dua Tewas, 11 Luka-Luka 
* Sopir dan Kernet Kabur

SIGLI - Kecelakaan bus penumpang kembali merenggut korban jiwa. Kali ini, bus Royal BL 7309 AA yang mengangkut 34 penumpang terbalik pada tikungan menurun di pegunungan Seulawah, tepatnya di Gampong Ingin Jaya, Kecamatan Muara Tiga, Pidie, Minggu (26/10) sekitar pukul 23.00 WIB.

Insiden jelang tengah malam itu diduga akibat rem blong dan merenggut nyawa dua penumpang asal Aceh Utara. Keduanya adalah Syamaun (50) warga Dusun Tgk Di Daya, Gampong Matang Bayu Kecamatan Sampoinet dan Aswadi (29) Dusun Manggra Gampong Puuk, Kecamatan Samudra. Kedua korban sempat terlempar keluar dan tertindih oleh bodi bus.

Proses evakuasi kedua penumpang yang terjepit itu sangat dramatis yang melibatkan tim SAR Banda Aceh, unsur kepolisian Polres Pidie, Yon Armed 17 Laweung, PMI dan masyarakat. Untuk mengeluarkan penumpang terjepit, tim SAR menggunakan alat pemotong RAR (Road Accident Rescue). “Berdasarkan keterangan anggota kami di lapangan, kedua penumpang baru berhasil dikeluarkan dari himpitan bodi bus sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Korban sempat menangis meminta pertolongan. Akan tetapi, ketika berhasil dievakuasi korban telah meninggal dunia, proses evakuasi berlangsung lama,” kata Kapolres Pidie, AKBP Sunarya SIK, melalui Kasat Lantas Andre Permana SIK, Senin (27/10).

Ia menjelaskan, saat dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Sigli Tgk Chiek Di Tiro Sigli, kedua penaumpang itu mengalami memar di bagian dada. Sebagian tubuh korban mengalami luka-luka akibat terkena hantaman kaca bus yang pecah. “Saat dirujuk ke RSU Sigli, kedua penumpang asal Aceh Utara itu sudah meninggal dunia,” katanya.

Sementara itu, penumpang yang mengalami luka ringan juga sempat dibawa ke RSU Tgk Chiek Di Tiro. Akhirnya dokter memperbolehkan mereka yang berjumlah 11 orang untuk rawat jalan, karena luka ringan. Mereka adalah, Iskandar Azie SH (54) warga Gampong Babah Jurong, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie. Berikutnya, Ibrahim (45) warga Perlak Aceh Timur, Nova Jaya SE (31) warga Gampong Aceh Idi Rayek, Nurmadi Awaluddin (43) warga Gampong Lam Lhe, Kecamatan Darul Imara, Aceh Besar, Berni Hardianti (29) warga Gampong Aceh Idi Rayeuk dan Abdul Kahar (44) warga Gampong Kajhu Aceh Besar. Aril (28) warga Gampong Beringin Langkat Medan, Maya Sapitri (32) Gampong Lingkeu Manyang, Bireuen, Nanda Isnaini (27) Gampong Bayu Darul Imara, Aceh Besar, Rahmawati (26) Gampong Pulo Kiton, Bireuen dan M Khatami (8) Gampong Matang Bayu, Kecamatan Baktya Barat, Aceh Utara. 

Menurut Kasat Lantas Polres Pidie, insiden tersebut terjadi saat bus Royal yang berpenumpang 34 orang itu berangkat dari Banda Aceh tujuan Medan disopiri Said (38) asal Pandrah, Kabupaten Bireuen. Bus tersebut diduga melaju dengan kecepatan tinggi. Namun sesampai tikungan tajam dengan kondisi jalan menurun, sopir berusaha mengerem bus. Namun naas rem bus tersebut tidak berfungsi sehingga bus terjatuh ke dalam jurang sedalam 12 meter sebelah kanan arah dari Sigli. Sang sopir bersama kernet berhasil menyelamatkan diri dan kabur meninggalkan bus. “Sopir bernama Said dan kernet yang belum diketahui identitasnya telah kabur. Kami kehilangan jejak mereka. Tapi, kami tetap memburunya karena kita ingin mengetahui kejadian sebenarnya,” kata Andre.

Mengenai barang-barang milik penumpang di dalam bus, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemilik bus Royal. “Jadi bagi penumpang yang merasa barangnya tertinggal di dalam bus, silahkan datang ke pengurus bus Royal di Sigli,” demikian Andre Permana.

Sementara Capt Supriadi dari Kantor SAR Banda Aceh secara terpisah mengatakan, pihaknya menerima laporan kecelakaan pada pukul 02.10 WIB dini hari dan langsung menerjunkan tim rescue sebanyak 8 orang. Setiba di lokasi, sekitar pukul 03.30 WIB tim SAR langsung mengevakuasi dua korban terjepit dan yang sudah meninggal dunia.(naz/nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved