Breaking News:

Dishub Tamiang Tegur Pemilik Doorsmeer

Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Tamiang menegus sejumlah pemilik doorsmeer untuk tidak menggunakan

KUALASIMPANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Tamiang menegus sejumlah pemilik doorsmeer untuk tidak menggunakan badan jalan sebagai tempat mencuci kendaraan. Peringatan ini dikeluarkan Dishub setelah mencuci truk mulai menjamur di jalur lintas Sumatera, persisnya di Kampung Karangjadi dan Seumadam, Kecamatan Kejuruanmuda.

Kadishub Aceh Tamiang Syuibun Anwar menjelaskan terdapat enam doorsmeer yang aktif melayani pencucian truk di bahu jalan. Barisan truk di bahu jalan ini dikatakannya sangat membahayakan kendaraan lain.

“Jelas sangat berbahaya karena mengganggu pengendara. Ini sangat rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” kata Syuibun saat menemui pemilik doorsmeer di Karangjadi, Selasa (18/2).

Dia menjelaskan genangan air yang ditimbulkan dari pencucian mobil atau truk juga menyebabkan jalan rusak, apalagi dilakukan seharian penuh. “Selain bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas, juga menyebabkan jalan rusak, kare rembesan air mempengaruhi tanah, sehingga fisik aspal bisa berubah,” lanjut Syuibun.

Pada tahap awal ini, peringatan yang dikeluarkan baru sebatas lisan, tetapi pemilik doorsmeer dan sopir truk diminta memindahkan lokasi pencucian ke lokasi yang lebih layak dan aman.

Syuibun memastikan pihaknya tetap memonitor aktivitas ini dan bila membandel, pengelola doorsmeer dan sopir truk akan diberi teguran tertulis.

“Sesuai aturan teguran tertulis kita berikan tiga kali. Bila diabaikan maka akan dilakukan tindakan tegas,” sambungnya. Dia menegaskan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fugsi jalan bisa dikenai pidana penjara maksimal 18 bulan atau denda Rp 1,5 miliar sesuai UU Nomor 38/2004 tentang Jalan.

“Yang dimaksud ruang pemanfaatan jalan itu meliputi menutupi badan jalan, saluran jalan dan ambang pengamanannya. Ini sudah diatur dalam Undang-undang,” tegasnya. (mad)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved