Breaking News:

Polisi Cari Pembuang Bayi dalam Kardus, Sisir Puskesmas hingga Pustu di Kota Langsa

Hingga hari kedua setelah ditemukan, Rabu (13/1/2021), kondisi kesehatan bayi yang ditemukan dalam kardus saat subuh kemarin

IST
Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH 

LANGSA - Hingga hari kedua setelah ditemukan, Rabu (13/1/2021), kondisi kesehatan bayi yang ditemukan dalam kardus saat subuh kemarin, oleh warga di Gampong Alue Dua Bakaran Batee, cukup baik. Sejak ditemukan pada Selasa (12/1/2021) subuh hingga kini, bayi perempuan yang diperkirakan baru berumur 40 hari itu, masih dititipkan sementara oleh pihak kepolisian di RSUD Langsa. 

Sedangkan untuk kasus pembuangan anak tersebut sedang dalam proses penyelidikan aparat Polsek Langsa Barat Polres Langsa untuk diketahui siapa orang tuanya. "Kasus pembuangan bayi ini sekarang masih dilakukan penyelidikan," ujar Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mulyadi, SE kepada Prohaba, Rabu (13/1/2021) siang.

Iptu Mulyadi menambahkan, pihaknya juga sudah mendatangani dan berkoordinasi dengan semua Puskesmas dan Pustu di Kecamatan Langsa Barat, serta kecamatan lainnya di wilayah Kota Langsa. "Semua Puskesmas dan Pustu yang telah kita datangi melaporkan bahwa selama kurung waktu sebulan terakhir ini, tidak ada wanita yang melahirkan berstatus tanpa suami, semua status kependudukannya resmi," sebutnya.

Dugaan sementara, tambah Kapolsek Langsa Barat itu, bayi ini dibuang oleh orang tuanya dari luar daerah Kota Langsa. Apalagi bayi tersebut diletakkan (lokasi ditemukan) tidak jauh dari jalan nasional atau Jalan Medan-Banda Aceh.

"Kondisi kesehatan bayi sekarang cukup baik, dan hingga berapa waktu ke depan, bayi ini dilakukan perawatan di RSUD Langsa dengan pengawasan pihak kepolisian bersama Dinsos,” terang Kapolsek.

Iptu Mulyadi meminta, jika ada masyarakat yang mengetahui siapa orang tua bayi perempuan itu diharapkan kerja samanya agar melaporkan kepada pihak kepolisian. "Kita harap jika ada warga yang mengetahui orang tua bayi ini agar melapor segera kepada pihak kepolisian," imbau Kapolsek Langsa Barat. 

Sebelumnya dilaporkan, bayi yang ditemukan warga dalam kardus dia atas meja kios sekitar Masjid Nur Hidayah, Gampong Alue Dua Bakaran Bate, Kecamatan Langsa Barat, Selasa (12/1/2021) subuh, kini dititipkan di ruang anak RSUD Langsa. Setelah dibawa ke RSUD Langsa, pada pagi Selasa kemarin, Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, didampingi Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mulyadi, SE juga langsung melihat kondisi bayi di rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mulyadi, SE kepada Prohaba mengatakan, diduga bayi berjenis kelamin perempuan ini dibuang di malam hari sebelum waktu shalat subuh oleh orang tuanya. Pasalnya, kain bedong dan selimut berwarna pink dan biru masih menyelimuti badan bayi, bahkan badan bayi basah karena terkena air hujan. Lalu, jelas Kapolsek, dari TKP penemuan bayi ini tidak ada ditemukan ari-ari dan bayi tersebut diperkirakan sudah berumur 40 hari.(zb)

Berita Populer
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved