Breaking News:

Rekam Satpol PP Tamiang Minta Uang Minum, Pedagang  Dilapor ke Polisi

Peredaran video anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP & WH) Aceh Tamiang yang dinarasikan melakukan pungutan liar

Editor: bakri
FOTO KIRIMAN WARGA
TANGKAPAN layar video petugas Satpol PP dan WH Aceh Tamiang yang meminta uang kepada pedagang, Sabtu (3/7/2021). Kasus ini berbuntut laporan ke polisi oleh satpol PP yang merasa dicemarkan nama baiknya. 

KUALASIMPANG - Peredaran video anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP & WH) Aceh Tamiang yang dinarasikan melakukan pungutan liar terhadap pedagang berbuntut ke ranah hukum.

Secara resmi anggota Satpol PP dan WH Aceh Tamiang yang wajahnya terekam di dalam video itu melaporkan si pedagang tersebut ke Satreskrim Polres Aceh Tamiang.

Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita menjelaskan bahwa laporan ini sudah dilakukan pada Jumat (2/7/2021) lalu atau tak lama setelah video tersebut beredar luas di masyarakat.

Ujaran yang disampaikan pedagang tersebut dinilai telah mencemarkan nama baik pribadi sekaligus institusi Satpol PP dan WH Aceh Tamiang.

“Hari itu juga langsung dilaporkan, jelas itu merugikan, baik secara individu maupun sebagai institusi. Apalagi ada tulisan PKI dalam video itu,” kata Devi, Senin (5/7/2021).

Berdasarkan keterangan Kasatpol PP dan WH Aceh Tamiang Asma’i kepada dirinya, kejadian itu bermula saat satu regu petugas sedang dalam perjalanan ke Tenggulun.

Dalam perjalanan regu ini mendapati pedagang berjualan di badan jalan lintas Medan-Banda Aceh persisnya di Kampung Bukitrata, Kecamatan Kejuruanmuda. “Itu jalan lintas dan mereka memakan badan jalan, tindakan itu membahayakan pedagang itu sendiri dan juga pengguna jalan lainnya,” lanjut Devi.

Menurutnya, reaksi pedagang sangat berlebihan karena ketika itu petugas hanya menegur. “Ternyata ketika ditegur mereka tidak berkenan dan langsung menuduh macam-macam,” sambungnya.

Sebelumnya, video sejumlah oknum Satpol PP dan WH Aceh Tamiang yang dinarasikan meminta uang kepada pedagang beredar luas di media sosial.

Video berdurasi 1.50 menit itu merekam dialog antara pedagang yang membuka lapak di pinggir jalan dengan sejumlah anggota Satpol PP dan WH Aceh Tamiang.

Tidak dijelaskan lokasi dan waktu kejadian, tapi diperkirakan video tersebut direkam di pinggir jalan lintas Medan-Banda Aceh, Kampung Bukitrata, Kecamatan Kejuruanmuda.

Terdengar jelas pedagang yang merekam video itu mengatakan petugas meminta uang rokok dan minum kepada pedagang.

“Di mana-mana kami dagang dilarang, di hutan sekali pun. Bapak bupati tolong ditindaklanjuti,” begitu salah satu narasi yang ditulis dalam video tersebut. (mad)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved