Breaking News:

Konflik di Afghanistan

Taliban Telah Berhasil Kuasai Provinsi Terakhir Lembah Panjshir

Para ahli telah meragukan perlawanan terhadap Taliban di Panjshir, provinsi penahan terakhir, dapat berhasil jangka panjang

Editor: IKL
WAKIL KOHSAR / AFP
Seorang pejuang Taliban (kiri) mengambil gambar helikopter MD 530 Angkatan Udara Afghanistan yang rusak dengan ponselnya di dekat hanggar di bandara di Kabul pada 31 Agustus 2021, setelah AS menarik semua pasukannya keluar dari negara itu 

PROHABA.CO, KABUL - Pejuang Taliban mengatakan bahwa mereka telah memegang kendali di Provinsi Panjshir di bagian utara kota Kabul.

Ini merupakan penampungan terakhir pasukan anti-Taliban di negara itu dan satu-satunya provinsi Taliban tidak disita selama itu di Afghanistan bulan lalu.

Ribuan pejuang Taliban menyerbu delapan distrik Panjshir, menurut saksi-saksi dari daerah yang berbicara dengan syarat anonim.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengeluarkan pernyataan Senin, mengatakan Panjshir sekarang berada di bawah kendali pejuang Taliban.

Baca juga: Taliban Ganti Bendera Afghanistan, Yang Lama Jadi Simbol Perlawanan

Baca juga: Wali Kota Wanita Pertama Afghanistan Menunggu Taliban untuk Membunuhnya

Melansir, NPR, Senin (6/9), pasukan anti-Taliban dipimpin mantan wakil presiden tersebut, Amrullah Saleh, dan putra pejuang anti-Taliban yang ikonik Ahmad Shah Massoud.

Sementara itu di provinsi Balkh utara, setidaknya empat pesawat disewa untuk mengevakuasi beberapa ratus orang yang berusaha melarikan diri dari wilayah tersebut setelah diambilalih Taliban.

Namun mereka tidak dapat meninggalkan Afganistan selama berhari-hari.

Seorang pejabat Afghanistan di bandara di kota Mazar-e-Sharif, ibukota provinsi, mengatakan bahwa calon penumpang adalah orang Afghanistan, banyak di antaranya tidak memiliki paspor atau visa, dan karenanya tidak dapat meninggalkan negara itu.

Berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan, dia bilang mereka telah meninggalkan bandara sementara situasinya sedang diselesaikan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved