Breaking News:

MS Jantho Berhasil Damaikan Sengketa Waris

Mahkamah Syar ’iyah (MS) Jantho berhasil memediasi sengketa waris dengan objek tanah seluas 12.500 m2 yang terletak di dua kecamatan ...

Editor: Muliadi Gani
FOR SERAMBINEWS.COM
JURU Bicara Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Fadhlia, Ssy, MH. 

PROHABA.CO, KOTA JANTHO - Mahkamah Syar ’iyah (MS) Jantho berhasil memediasi sengketa waris dengan objek tanah seluas 12.500 m2 yang terletak di dua kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar, Kamis (30/9/2021).

Berdasarkan data perkara yang tercatat di MS Jantho yang terdaftar melalui aplikasi e-court, gugatan sengketa kewarisan sudah kesekian kalinya diterima oleh MS Jantho.

Lalu, sebagaimana maksud dan tujuan dalam PERMA Nomor 1 Tahun 2016, MS Jantho melalui majelis hakim pemeriksa perkara telah menetapkan seorang hakim berinisial MRV sebagai mediator dalam perkara tersebut.

Mediasi tersebut dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan dan metode kaukus sebanyak delapan kali dan dihadiri dengan antusias oleh para pihak yang masing-masing didampingi kuasa hukumnya.

“Alhamdulilah, apresiasi setinggi-tingginya kepada para pihak dan kuasa hukum yang sangat beriktikad baik dalam pelaksanaan mediasi, sehingga mediasi dapat berhasil mencapai kesepakatan perdamaian terkait harta warisan yang disengketakan,” tutur Fadhlia, Ssy MH selaku Juru Bicara Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Kamis (30/9/2021).

Baca juga: MS Jantho Sidang Kasus Maisir High Domino dan Pemerkosaan

Menurutnya, hal yang paling utama adalah kesepahaman para pihak terkait pemilahan harta bawaan, harta bersama, dan harta waris yang merupakan (tirkah yang ditinggalkan oleh pewaris yang terdapat hak bagian pewaris) sehingga proses mediasi dapat dilanjutkan dengan penuh rasa kekeluargaan.

Para pihak, katanya, juga menyadari bahwa mediasi merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan secara bermartabat yang selesai secara win-win solution, dan tentu membuat kehormanisan para pihak yang sebelumnya bersengketa dan sempat terkoyak, akan terajut kembali.

Sementara itu, Ketua MS Jantho, Siti Salwa SHI, sangat mengapresiasi hasil kesepakatan perdamaian dalam proses mediasi tersebut.

“Mahkamah Syar’iyah Jantho akan terus berupaya meningkatkan angka keberhasilan mediasi, karena kami percaya bahwa akhir dari putusan pengadilan tentu bakal menimbulkan amarah yang abadi dan bukan perdamaian yang hakiki.

Sedangkan jika perdamaian dapat dicapai di antara pihak bersengketa tentu silaturahmi antara penggugat dan tergugat tetap akan terjaga, karena damai bukan karena tidak ada perang, melainkan karena hadirnya keadilan," ujar Siti Salwa mengutip kata-kata bijak Harrison Ford. (as)

Baca juga: Mahkamah Agung Hukum 200 Bulan Ayah yang Perkosa Anaknya, Sebelumnya Dibebaskan di MS Jantho

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved