Virus Corona

Kasus Covid Terus Naik, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tenang

Kasus positif covid-19 di Indonesia terus menanjak dengan angka positif harian mendekati bulan Juli tahun lalu.

Editor: IKL
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Lukas
Presiden Joko Widodo 

PROHABA.CO, JAKARTA - Kasus positif covid-19 di Indonesia terus menanjak dengan angka positif harian mendekati bulan Juli tahun lalu.

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap tenang serta disiplin menjaga protokol kesehatan dengan ketat. "Saya meminta masyarakat untuk tetap tenang, disiplin menjaga protokol kesehatan
dan kurangi aktivitas yang tidak perlu," ujar Jokowi di akun resmi instagramnya @jokowi dikutip Minggu(13/2). Jokowi mengatakan, varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi. Namun, tingkat kematian akibat varian Omicron lebih rendah jika dibandingkan dengan varian Delta.

"Pandemi Covid-19 di tanah air, sesuai perkiraan, tengah menanjak dengan angka positif harian mendekati puncak kasus seperti bulan Juli tahun lalu, " kata Jokowi.

Diketahui, DKI Jakarta masih menjadi provinsi tertinggi penyumbang kasus Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data resmi pemerintah kasus Covid-19 di DKI mencapai 10.172. Selain DKI provinsi lain yang menyumbangkan kasus di atas 10 ribu yakni Jawa Barat dengan 10050 kasus.

Sementara itu terdapat 5 provinsi yang menyumbangkan kasus Covid-19 di atas 1000, di antaranya yakni Banten 5592 kasus, lalu Jawa Timur 5377 kasus, Jawa Tengah 3250 kasus, Bali 1646, DIY 1010 kasus.

Meskipun banyak temuan kasus positif, namun kasus sembuh di DKI juga tinggi.

Bahkan kasus sembuh di DKI melebihi temuan kasus positif. Tercatat kasus sembuh di ibu kota mencapai 16.342.

Terdapat tiga provinsi yang menyumbangkan kasus sembuh di atas seribu yakni Jawa Barat 1245, Banten 2799 dan Jatim 3287 kasus.

Angka kematian di DKI juga menjadi yang tertinggi dengan 43 kasus.

Terdapat tiga provinsi yang menyumbangkan angka kematian di atas 10, di antaranya yakni Bali 17 kasus, Jatim 12 kematian, dan Jateng 12 kematian.

Secara keseluruhan penambahan kasus positif di Indonesia mencapai 44.526, sementara itu angka kesembuhan 26.916, dan angka kematian 111.

 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, menyatakan bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit masih di bawah 60 persen.

Menurut Nadia, meski kasus Covid-19 terus meningkat pemerintah mencatat keterisian tempat tidur di RS sebesar 30 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved