Konflik Rusia Vs Ukraina

Pasukan Rusia Culik Wali Kota Kherson Ihor Kolykhaiev

Dilansir Kyivpost, Kolykhaiev telah menjadi salah satu dari sejumlah Wali Kota di Ukraina yang diculik selama invasi Rusia ke Ukraina.

Editor: IKL
Twitter
Wali Kota Kherson Ihor Kolykhaiev telah diculik pasukan Rusia pada Selasa (28/6/2022), setelah menolak untuk mengikuti perintah Moskow. 

PROHABA.CO - Penasihat Wali Kota Kherson, Halyna Liashevska mengatakan Ihor Kolykhaiev telah diculik pasukan Rusia pada Selasa (28/6/2022), setelah menolak untuk mengikuti perintah Moskow.

Dilansir Kyivpost, Kolykhaiev telah menjadi salah satu dari sejumlah Wali Kota di Ukraina yang diculik selama invasi Rusia ke Ukraina.

Diketahui, Kolykhaiev berusaha untuk merusak demokrasi dan mengganti politisi yang terpilih secara demokratis dengan pejabat pro-Kremlin.

Penculikan lainnya yang dilakukan pasukan Rusia

Di kota selatan Dniprorudne, Wali Kota Yevheniy Matvieyev diculik oleh pasukan Rusia pada 13 Maret.

Wali Kota Melitopol, Ivan Fedorov, diculik seminggu sebelumnya.

Baca juga: Gareth Bale Mendapat Tugas Baru di Klub MLS

Baca juga: Migrant Care Cemas Vonis Bebas Majikan Adelina Jadi Alat Impunitas

Aksi tersebut memicu protes oleh warga Ukraina dan seruan oleh Presiden Volodymyr Zelensky untuk segera membebaskannya.

“Uni Eropa mengutuk keras penculikan Wali Kota Melitopol dan Dniprorudne oleh angkatan bersenjata Rusia,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah posting di Twitter.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa Kolykhayev ditahan oleh kantor komandan (polisi militer),” kata Wakil Kepala wilayah Kherson yang ditunjuk Moskow, Ekaterina Gubareva mengatakan di aplikasi pesan Telegram, dikutip The Guardian,

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan mengenai penculikan Kolykhaiev hari ini, yang terpilih dalam pemilihan lokal Ukraina 2020.

Penasihatnya hanya mengkonfirmasi di Facebook: "Mereka mengambil Ihor Kolykhayev."

Wali Kota dilaporkan berada di kantornya di mana staf komite eksekutif, yang tetap berada di kota, pindah setelah Kherson ditangkap oleh Rusia. Dia dikawal keluar dari kantornya dengan borgol.

Laporan tersebut tidak dapat segera diverifikasi secara independen dan tidak ada konfirmasi resmi dari pihak berwenang Ukraina.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pasukan Rusia Culik Wali Kota Kherson Ihor Kolykhaiev, https://www.tribunnews.com/internasional/2022/06/29/pasukan-rusia-culik-wali-kota-kherson-ihor-kolykhaiev.
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved