Berita Bireuen

Kandang Sapi di Kebun Gampong Blang Reuling Bireuen Terbakar, Dua Ekor Sapi Selamat

Kandang sapi milik Rasyid (60) di Dusun Barat, Gampong Blang Reuling, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Selasa (12/7/2022) tadi malam terbakar.

Editor: Misran Asri
DOK Damkar Bireuen
Petugas pemadam Pos Kota Bireuen menyiram sisa bara api membakar kandang sapi di Gampong Blang Reuling, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Selasa(13/7/2022) 

Kandang sapi milik Rasyid (60) di Dusun Barat, Gampong Blang Reuling, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 22.20 WIB, tadi malam terbakar.

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

PROHABA.CO, BIREUEN - Kandang sapi milik Rasyid (60) di Dusun Barat, Gampong Blang Reuling, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 22.20 WIB, tadi malam terbakar.

Kebakaran kandang sapi yang ditempatkan di bagian kebun milik Rasyid di Gampong Blang Reuling, Kecamatan Kota Juang, pertama kali diketahui oleh warga sekitar.

Pada saat itu warga melihat dari arah kandang sapi milik korban itu mengeluarkan api, hingga kobaran itu membesar.

Warga yang panik melihat hal tersebut, berusaha memadamkan api yang membakar kandang sapi itu. Karena khawatir api menjalar ke permukiman warga.

Baca juga: Rumah Guru Mengaji di Peukan Baro Pidie Terbakar

Dari kandang kayu, beratap daun rumbia itu terlihat dua ekor sapi yang sebelumnya berada di kandang yang terbakar berhasil keluar dan menjauh dari lokasi.

Tidak lama setelah itu tiga armada Pemadam Pos Kota Bireuen dikerahkan ke lokasi dan kejadian dan berhasil memadamkan api.

Rasyid pemilik kandang sapi tersebut menjelaskan, pada saat kejadian itu dirinya sudah tidur di rumah. Kandang sapi yang berada di kebunnya itu tidak terpaut jauh dari rumahnya.

Warga datang ke rumahnya dan mengabarkan weu leumo (kandang sapi) miliknya terbakar, terang Rasyid.

Baca juga: Dayah Ruhul Islam Kuta Cot Glie Terbakar, 2 Bilik dan 8 Ranjang Hangus

Mendapat informasi kandang miliknya terbakar dengan spontan Rasyid bergegas menuju ke lokasi.

Warga juga membantu menyiram kobaran api menggunakan pipa dari rumah. Lalu sebagian warga lainnya menghubungi pemadam kebakaran dan meminta bantuan pemadaman.

"Sebelum magrib, saya ada bakar kayu untuk bara api pengasapan sapi pada malam hari. Dugaan percikan bara api itu yang mengakibatkan kandang terbakar.

Dua sapi selamat langsung lari dari kandang," kata Rasyid.

Baca juga: Dua Rumah Terbakar di Nagan Raya, 12 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Saat tiba di lokasi, belasan petugas damkar dari dua mobil membantu menyiram sisa bara api yang membakar kandang sekitar 4 meter di samping selatan salah satu rumah terdekat itu.

Petugas damkar bersama warga melakukan pendinginan, setelah api dapat dipadamkan warga.

Akhirnya api maupun bara api berhasil dipadamkan beberapa saat kemudian.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, termasuk sapi yang ada di kandang selamat karena berlarian menjauh. (*)

Baca juga: Kulam Kupi Batoh Terbakar, Dua Armada Pemadam Bergerak Cepat ke Lokasi, Warkop Berhasil Diselamatkan

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Satu Kandang di Bireuen Terbakar, Dua Sapi Selamat, Begini Kejadian dan Dugaan Sumber Api, 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved