Luar Negeri

Diklaim Milik Adolf Hitler, Sebuah Jam Tangan Terjual Rp 16 Miliar

Sebuah arloji (jam tangan) yang diklaim sebagai milik pemimpin Nazi, Adolf Hitler telah terjual seharga 1,1 juta dolar AS (Rp 16 miliar lebih) ...

Editor: Muliadi Gani
BNN NEWSROOM VIA TWITTER
Sebuah jam tangan dengan inisial AH terukir di atasnya yang diklaim milik pemimpin Nazi Adolf Hitler telah dijual seharga $ 1,1 juta (£ 900.000) di Alexander HistoricalAuctions di Maryland, Amerika Serikat. 

PROHABA.CO, MARYLAND - Sebuah arloji (jam tangan) yang diklaim sebagai milik pemimpin Nazi, Adolf Hitler telah terjual seharga 1,1 juta dolar AS (Rp 16 miliar lebih) di sebuah lelang di Maryland, Amerika Serikat.

Arloji merek Huber, yang dijual ke penawar anonim, menunjukkanswastika dan memiliki inisial AH terukir di atasnya.

Para pemimpin Yahudi mengutuk pelelangan menjelang penjualan benda antik tersebut di Alexander Historical Auctions di Maryland.

Namun, rumah lelang yang telah menjual memorabilia Nazi di masa lalu mengatakan kepada media Jerman bahwa tujuannya adalah untuk melestarikan sejarah.

Baca juga: Vila di Objek Wisata Pantan Terong Ludes Terbakar

Adolf Hitler memimpin Nazi Jerman antara 1933 dan 1945, mengatur pembunuhan sistematis terhadap 11 juta orang; enam juta di antaranya dibunuh karena mereka adalah orang Yahudi.

Katalog produk untuk jam tangan tersebut mengatakan bahwa jam tersebut kemungkinan diberikan sebagai hadiah ulang tahun kepada pemimpin fasis itu pada tahun 1933, ketika ia menjadi Kanselir Jerman.

Sebuah penilaian oleh rumah lelang menyebutkan bahwa jam tangan itu diambil sebagai suvenir, ketika sekitar 30 tentara Prancis menyerbu Berghof, tempat peristirahatan di gunung milik Hitler pada Mei 1945.

Jam tangan tersebut kemudian diperkirakan dijual kembali dan diturunkan melalui beberapa generasi hingga sekarang.

Baca juga: Luna Maya Kebingungan Bayar Gaji Karyawan Akibat Pandemi, Kini Malah Pamer Jam Tangan Mewah

Baca juga: Material Paling Kuat di Dunia, Berlian Tidak Masuk 5 Besar

Benda lain dalam pelelangan termasuk gaun milik istri Hitler, Eva Braun, foto-foto bertanda tangan pejabat Nazi dan kain kuning Bintang Daud bertuliskan kata “Jude”, yang merupakan bahasa Jerman untuk orang Yahudi.

Selama peristiwa Holocaust, Nazi memaksa orang-orang Yahudi untuk memakai pengenal kuning sebagai ban lengan atau lencana, dengan maksud untuk mengucilkan dan melecehkan mereka.

Juga untuk memudahkan mengenali mereka lalu ditangkap kemudian dibinasakan dengan zat sarin di kamp-kamp konsentrasi.

(Kompas.com)

Baca juga: Ussy Sulistiawaty Ulang Tahun ke 41, Andhika Pratama Beri Hadiah Mobil Mewah Harga miliaran

Baca juga: Enigma, Berlian 555 Karat Terbesar di Dunia, Laku Rp 61,4 Miliar

Baca juga: Atta Halilintar Beli Mahal Jersey Ronaldo yang Dilelang Martunis, Untuk Bangun Pesantren

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved