Kasus Polisi Tembak Polisi

Komnas HAM Klaim Penetapan Tersangka Bharada E Sesuai dengan Temuannya

Diketahui, polisi telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J

Editor: IKL
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan penetapan tersangka terhadap Bharada E sesuai dengan temuan lembaganya. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan penetapan tersangka terhadap Bharada E sesuai dengan temuan lembaganya.

Diketahui, polisi telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

"Nah sekarang timsus penyidik sudah menyatakan Bharada E tersangka ya, tidak bertentangan dengan apa yang kami temukan," kata Taufan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Menurut Taufan, Bharada E telah mengakui sebagai pelaku penembakan saat dimintai keterangan oleh Komnas HAM.

"Pada kami kan Bharada E ini ya mengakui bahwa dia yang menembak walaupun kami tentu harus mencari lagi keterangan-keterangan dan bukti-bukti lain apakah hanya dia sendiri," ujarnya.

Baca juga: Bharada E Diduga Bersekongkol dalam Kasus Brigadir J Lewat Pasal 338 Jo Pasal 55 dan 56 KUHP

Baca juga: Mardani Maming Jalani Pemeriksaan Perdana Setelah Ditahan

Namun, ia menerangkan Komnas HAM menghormati keputusan penyidik yang menetapkan Bharada E sebagai tersangka.

"Tapi sekarang dengan ditetapkan sebagai tersangka ya menurut kami itu adalah wewenang dari penyidik dan kita tentu menghargai, sejalan juga dengan temuan kami bahwa memang dia mengakui penembakan itu," ungkapnya.

Bharada E Jadi Tersangka

Sebelumnya, tim khusus (timsus) bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya menetapkan tersangka dalam kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Adapun tersangka yang ditetapkan oleh Timsus Kapolri tidak lain adalah Bharada E yang diduga sebagai pelaku penembakan Brigadir J. Dia ditetapkan tersangka seusai penyidik melakukan gelar perkara.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved