Berita Jakarta

Pemerintah Salurkan Solar Melalui Koperasi

Erick Thohir mengungkapkan, intervensi pemerintah dalam program SoluSi (Solar untuk Koperasi) merupakan bukti perhatian Presiden kepada para nelayan

Editor: bakri
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Ilustrasi jerigen para nelayan mengantre untuk mendapatkan solar 

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, intervensi pemerintah dalam program SoluSi (Solar untuk Koperasi) merupakan bukti perhatian Presiden kepada para nelayan.

Menurutnya, profesi yang mensuplai protein bagi bangsa dari hasil laut itu, harus dibantu dan didukung agar mudah dalam mencari nafkah dan menjadi sejahtera.

"Saya sebagai pembantu Presiden berkoordinasi dengan pak Teten, Menteri Koperasi dan pak Trenggono, Menteri KKP untuk mencari cara agar para nelayan terbantu dengan persediaan bahan bakar solar yang mudah dan harganya sama.

Perhatian Presiden Joko Widodo terhadap nelayan itu mendorong terwujudnya program solar untuk koperasi," ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Oleh karena itu, ia meminta agar para nelayan di Tambak Loro berbondong-bondong menjadi anggota koperasi nelayan setempat sehingga bisa membeli solar sesuai harga resmi.

Menurut rencana, sebuah Pertashop, hasil kerja sama Pertamina dan salah satu koperasi di Tambak Loro akan segera didirikan untuk mendukung program tersebut.

"Jika bapak atau ibu percaya kepada Presiden Jokowi, dan juga setuju bahwa program ini bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan, karena program ini sudah berhasil di Cilacap, maka segera jadi anggota koperasi supaya punya kepastian mendapatkan solar dengan mudah dan terjangkau.

Bulan Januari 2023 saya akan datang lagi untuk cek," kata Erick.

Sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian BUMN bersinergi dalam proyek percobaan Program Solusi Nelayan untuk melancarkan rantai distribusi bahan bakar minyak (BBM) kepada nelayan sehingga menjadi lebih tepat sasaran.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap langkah tersebut memiliki dampak bagi kesejahteraan nelayan.(antaranews.com)

Baca juga: Para Sopir Truk Harus Rela Antre 5 Hari untuk Bisa Dapatkan Solar, Terjadi di Sorong Papua Barat

Baca juga: Dua Pengendara Sepmor di Kaltara Tewas Tertimpa Tangki Solar

Baca juga: Kuota Solar Diberikan 6,4 KL per Hari untuk Nelayan dan Ratusan Boat di Lampulo Banda Aceh

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved