Kenaikan Harga BBM

Kuota Solar Diberikan 6,4 KL per Hari untuk Nelayan dan Ratusan Boat di Lampulo Banda Aceh

Kuota solar subsidi yang diberikan Pertamina untuk nelayan PPS Lampulo sebanyak 6,4 KL per hari dan itu diperuntukkan bagi ratusan boat.

Editor: Misran Asri
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Ilustrasi jerigen para nelayan mengantre untuk mendapatkan solar 

Kuota solar subsidi yang diberikan Pertamina untuk nelayan PPS Lampulo sebanyak 6,4 KL per hari dan itu diperuntukkan bagi ratusan boat.

Laporan Herianto I Banda Aceh

PROHABA.CO, BANDA ACEH - Kuota solar subsidi yang diberikan Pertamina untuk nelayan PPS Lampulo sebanyak 6,4 KL per hari dan itu diperuntukkan bagi ratusan boat.

Jumlah dimaksud masih menggunakan kuota lama, yakni 192 KL per bulan atau 6,4 KL per hari.

Meski, di sisi lain harga solar subsidi (bio solar), resmi dinaikkan harganya oleh pemerintah pada Sabtu (3/9/2022).

Dari harga solar subsidi sebelumnya Rp 5.150 menjadi Rp 6.800/liter. Namun, suplainya ke SPBN Lampulo, Banda Aceh, masih menggunakan kuota lama.

“Kuota solar subsidi yang diberikan Pertamina untuk nelayan PPS Lampulo itu 6,4 Kl per hari itu, tidak cukup, sehingga boat nelayan di bawah 30 GT, harus antre 4 sampai 8 hari, untuk bisa mendapatkan solar subsidi,” ungkap operator SPBN Lampulo, Joni kepada Serambinews.com, Senin (5/9/2022) ketika dimintai penjelasannya terkait suplai solar subsidi ke nelayan Lampulo.

Joni menyebutkan, menurut aturannya, boat yang masih boleh membeli solar subsidi di SPBN Lampulo, adalah boat nelyan di bawah 30 GT. Sedangkan yang berada di atas 30 GT, mereka dilarang menggunakan solar subsidi.

Menurut perhitungan kami, kata Joni, yang rutin melayani penjualan solar subsidi di SPBN Lampulo, jumlah boat nelayan di Lampulo yang kapasitas mesinnya di bawah 30 GT, ada sekitar 100 unit lebih.

Baca juga: Tolak Kenaikan BBM, Partai Buruh dan KSPI Besok Akan Demo ke Gedung DPR RI

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Ricuh, Warga & Mahasiswa di Makassar Bentrok, Ada yang Bawa Sajam

Baca juga: Kenaikan Harga BBM, Kementerian Perhubungan Bakal Umumkan Kenaikan Tarif Ojol Dua Hari ke Depan

Setiap tahunnya, ungkap Joni, ada penambahan boat di bawah 30 GT, di Lampulo ini sekitar 5 – 10 unit, sementara kuota solar subsidi yang diberikan Pertamina untuk SPBN Lampulo sekitar 192 KL/bulan atau 6,4 KL/hari.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved