Kriminal

Jadi Kurir Sabu, Buruh Dihadapkan di Kursi Pesakitan

Dwi Yanta Eka Putra alias Eka (38) seorang buruh yang ditangkap menjadi kurir sabu-sabu seberat 2 kilogram, kini tengah menghadapi proses hukum ...

Editor: Muliadi Gani
KOMPAS.com/HANDOUT
ILUSTRASI SABU 

PROHABA.CO, MEDAN - Dwi Yanta Eka Putra alias Eka (38) seorang buruh yang ditangkap menjadi kurir sabu-sabu seberat 2 kilogram, kini tengah menghadapi proses hukum selanjutnya di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (22/11/2022).

Pria warga Jalan Tanjung Permai XI A No 17, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang itu didakwa sebagai kurir sabu.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maria F R Br Tarigan dalam dakwaanya mengatakan perkara ini bermula pada Jumat, 16 September 2022, sekitar pukul 08.00 WIB.

Terdakwa telah dihubungi Bang BOB (dalam lidik) memberitahukan ada pekerjaan untuk antar paket sabu seberat 2.000 gram, dan terdakwa dijanjikan upah per bungkusnya sebesar Rp 3 juta.

Berselang satu jam, terdakwa dihubungi lagi oleh Bang BOB untuk menjemput paket sabu di Jalan Ring Road dekat Komplek Tasbi 1 Kota Medan dengan memberitahukan ciri-ciri orang yang akan menyerahkan narkotika jenis sabu itu memakai sepeda motor Yamaha Nmax warna hitam, menggunakan helm LTD warna hitam dan kode 58.

Kemudian terdakwa berangkat menggunakan sepmor terdakwa merek Honda Beat Hitam BK 6595 AHN menuju lokasi tersebut.

Baca juga: BNNK Pidie Musnahkan Sabu-Sabu asal Malaysia, TPPU Berpeluang Diterapkan

"Setelah sampai lokasi dan bertemu, terdakwa langsung menyebutkan kode 58, lalu orang yang tidak terdakwa kenal tersebut langsung memberikan satu bungkus plastik kresek warna hitam yang di dalamnya terdapat dua bungkus plastik dalam kemasan teh cina warna hijau bertuliskan Yushan berisi narkotika jenis sabu.

Terdakwa langsung menyimpannya di bawah gantungan sepeda motor," urai Jaksa.

Usai menerima paket sabu itu, terdakwa langsung pergi.

Dalam perjalanan, terdakwa menghubungi Bang BOB memberitahukan barang sabu sudah diterima selanjutnya akan diantar kemana, lalu Bang BOB mengatakan nanti akan dihubungi kembali.

Selang 20 menit kemudian, terdakwa dihubungi lagi oleh Bang BOB memberikan nomor HP penerima dan kode (nomor Hp 081348499923 dan Kode 501).

Lalu, terdakwa menghubungi nomor penerima itu dan janjian bertemu di depan Alfamart Jalan Tani Asli Desa Kelambir V Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang dengan kode 501.

Baca juga: Satresnarkoba Polres Tebing Tinggi Tangkap Kurir Sabu, Berikut BB Yang Diamankan Polisi

Terdakwa pun menuju ke lokasi yang sudah ditentukan.

Lalu, sekitar pukul 12.30 WIB saat terdakwa tiba di pinggir Jalan Inpres Kecamatan Sunggal, tiba-tiba sepeda motor yang terdakwa kendarai dipepet petugas dari Polda Sumut, yaitu saksi Bengset Gultom, saksi Alfhonsyo Napitupulu dan saksi Indra J Damanik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved